Ekbis

HMSI Gelar Hino Safety Driving Khusus Sopir Truk

Surabaya (beritajatim.com) – PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) menggelar Hino Safety Driving Competition demi menjamin tak ada kesalahan penggunaan truk Hino yang kecil Dutro maupun truk Hino Ranger. Sebab 3 faktor penyebab kecelakaan adalah kondisi truk atau kendaraannya, pengemudi dan faktor lingkungan.

Menurut Data Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) mencatat sekitar 85% di dunia dan di Indonesia sendiri angka karena human error malah lebih besar yakni 97 persen. Hal ini membuat HMSI harus mengutamakan teknis  mengemudi yang baik, harus benar-benar diterapkan semua sopir truk Dutro maupun Ranger.

“Dan ini tahun 2017 juga pernah kami lakukan dan tahun ini peminatnya makin bertambah dari 70 pengemudi di tahun 2017 kini menjadi 168 pengemudi tahun ini.  Peminatnya terus meningkat seiring meningkatnya penjualan Hino,” jelas Wibowo Santoso, Deputy Manager Sales Planning & Strategic Division, PT Hino Motor Sales Indonesia, Kamis (17/10/2019).

Hino Safety Driving Competition terbagi menjadi tiga bagian test. Hari pertama bertempat di Great Diponegoro Hotel Surabaya, pengemudi di test tertulis mengenai keselamatan berkendara seperti daily Inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu rambu lalu lintas. Dimana materi ini sangat pentlng karena pengecekan kondisi kendaraan secara rutin meminimalkan risiko kecelakaan lalu lintas. Pasalnya, beberapa kasus kecelakaan lalu lintas umumnya disebabkan oleh rem blong, tekanan ban tidak tepat, dan kerusakan kendaraan yang tidak disadari pengemudi.

Setelah tes pertama, akan dipilih 10 peserta terbaik, mereka akan menjalani inspection test dan skill test berupa zig zag forward dan backward serta reverse parking.

“Lomba ini mampu membuat kami para pengemudi ingat terhadap tahapan-tahapan safety driving yang benar. Dan saya juga selain pengemudi juga memiliki 15 unit truk Hino yang safety nya memang baik, jadi pengemudi pun bisa nyaman berkendara,” ungkap Basuki Tomo, Juara Nasional Hino Safety Driving Competition tahun 2017 lalu. [rea/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar