Iklan Banner Sukun
Ekbis

Hipmi Surabaya Siap Menyokong Pertumbuhan Ekonomi Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Surabaya, Denny Yon Rustanto menegaskan akan menyokong percepatan pertumbuhan ekonomi Surabaya. Salah satunya dengan mengoptimalkan pembinaan untuk pelaku UMKM.

Hal ini diungkapnya usai peresmian pelantikan pengurus Hipmi Surabaya pada Jumat (29/2022) di Ruang Sawunggaling Kantor Pemerintah Kota Surabaya.

Hadir Dalam kesempatan tersebut, Ketua Kadin Surabaya M Ali Affandi La Nyalla Mahmud Mattalitti, Walikota Surabaya, Ery Cahyadi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya Adi Sutarwijono dan Wakil Ketua Umum Hipmi Jatim Ahmad Salim Assegaf.

Ada sekitar 165 pengurus Hipmi Surabaya yang dilantik, mereka berasal dari berbagai latar belakang bidang usaha, mulai dari bidang kedokteran, industri, pertanian hingga perdagangan. Serta dengan skala usaha yang berbeda, mulai dari UMKM hingga usaha skala internasional.

Denny menegaskan bahwa sepanjang kepengurusannya nanti, ia berkomitmen menjadikan Hipmi sebagai pembuka jaringan bagi anggotanya serta menjadi sarana belajar.

“Harapan saya, Hipmi ini tidak hanya menjadi organisasi networking tetapi juga organisasi learning. Dan kami siap menjadi partner strategis Pemkot Surabaya. Kami akan perkuat sinergi pentahelix di lima sektor, unsur Pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas serta media,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ali Affandi juga mengingatkan agar Hipmi siap menghadapi kondisi ekonomi dunia, termasuk Indonesia tahun depan yang diperkirakan akan mengalami kegelapan, seperti yang diungkapkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Ada sejumlah faktor yang menjadi penyebabnya diantaranya perang dagang Amerika China masih berlanjut, juga perang Ukraina Rusia. Tentunya hal ini menyebabkan ekspor impor terganggu. Tetapi tentunya ada peluang-peluang yang bisa ditangkap oleh Hipmi Surabaya dan Kadin akan mengeksistensi, salah satunya dengan memanfaatkan Surabaya sebagai kota indamardi, yaitu kota industri, perdagangan, maritim dan pendidikan,” tandas Ali Affandi.

Hal yang juga bisa dimanfaatkan oleh pengusaha muda Surabaya adalah terbukanya kerjasama yang ditawarkan oleh Walikota Surabaya kepada seluruh anggota Hipmi Surabaya.

“Kami dari Kadin Surabaya akan mendorong Hipmi agar program yang dibuat bisa dirasakan secara langsung, khususnya bagi UMKM dan masyarakat umum, khususnya yang ada di kota surabaya. Harapan kami tentunya, Kadin bisa melayani UMKM yang ada dan Hipmi menjadi salah satu motor utama yang ada di Kadin,” ujar Ali Affandi.

Terlebih dengan diputuskannya Surabaya menjadi tuan rumah perhelatan akbar Munas Hipmi di tahun depan. “Insyaallah, semoga Surabaya bisa memanfaatkan momentum itu untuk bisa mempercepat pengembalian ekonomi kota Surabaya,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Surabaya Ery Cahyadi menyatakan bahwa Pemkot Surabaya akan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada Hipmi Surabaya dan Kadin Surabaya untuk berkolaborasi. Karena baginya, Hipmi dan Kadin adalah satu kekuatan besar yang akan mampu membawa Surabaya menjadi lebih hebat lagi.

“Karena Hipmi dan Kadin adalah agen perubahan, sehingga jika Pemkot menggandeng kedua lembaga ini, pasti kinerjanya akan lebih cepat. Dan inilah waktunya Surabaya bangkit dengan anak-anak muda. Saya yakin tiga serangkai, pemerintah Kota Surabaya, Hipmi Surabaya dan Kadin Surabaya,” pungkasnya.[rea]

Apa Reaksi Anda?

Komentar