Ekbis

Peluang Usaha di Tengah Pandemi

Helmy Yahya Tularkan Ilmu Entrepreneur ke Wartawan Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri menyelenggarakan Pelatihan Wartawan Mitra KPwBI Kediri, Jumat (16/10/2020) secara daring. Kegiatan itu merupakan agenda rutin yang diselenggarakan untuk meningkatkan skill dan menambah wawasan wartawan mitra kerja. Sehingga akan bermanfaat dalam mendukung profesinya sebagai penyampai berita.

Selain itu, dengan pelatihan yang diselenggarakan ini, dapat menjaga komunikasi dan koordinasi yang lebih erat antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri dengan awak media. Pelatihan diikuti 35 wartawan ini mengambil topik kewirausahaan dengan menghadirkan narasumber seorang entrepreneur yang juga lama berkecimpung di dunia pers dan pertelevisian, Helmy Yahya.

“Pemilihan topik ini tak lepas dari kondisi pandemi COVID-19 yang memaksa masyarakat untuk lebih banyak beraktivitas dari rumah, tak terkecuali wartawan,” ujar Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri Rizal Moelyana.

Helmy Yahya yang pernah menjadi Direktur Utama TVRI ini menjadi salah influencer yang aktif mengajak semua orang untuk dapat berfikir positif selama masa kerja di rumah atau work from home. Waktu luang yang dimiliki agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk tetap produktif yakni dengan membangun bisnis dari rumah atau home entrepreneur.

“Di sinilah dibutuhkan kecerdikan teman-teman untuk menggeser platform ke digital seperti Youtube. Bangun konten menarik di sana yang bisa menghasilkan pendapatan besar,” katanya.

Helmy Yahya mencontohkan kesuksesan Rafly Ahmad dan content creator lain dalam mengelola Youtube. Menurut Helmy, pendapatan Rafly Ahmad dari content tersebut mencapai Rp 5 miliar per bulan.

Belum terhitung pendapatan dari bisnisnya yang lain seperti kuliner atau pembawa acara. Jika tak berpikir kreatif, pelaku media akan runtuh kehilangan pendapatan di tengah lesunya pemasang iklan.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri secara rutin menyelenggarakan pelatihan wartawan setiap tahunnya. Tahun sebelumnya pelatihan wartawan mitra KPwBI Kediri dilaksanakan di Jakarta.

Pada pelatihan tahun lalu awak media berkesempatan melihat langsung keberadaan Museum Bank Indonesia dan proses pencetakan uang rupiah di Perum PERURI.

Kondisi pandemi sekarang ini membatasi aktivitas secara fisik, namun hal ini tidak mengurangi semangat Kantor Perwakilan Bank Indonesi Kediri. Untuk terus berupaya memberikan pelatihan wartawan tahun 2020, untuk itu pelatihan kali ini dilaksanakan secara daring. [nm/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar