Iklan Banner Sukun
Ekbis

Harga Tomat Eceran di Magetan Rp4.000/Kg, di Tingkat Petani Rp1.000

Magetan (beritajatim.com) – Anjloknya harga tomat membuat petani tomat di Magetan merugi. Ironisnya, di tingkat eceran harga tomat masih di angka Rp4.000 per kilogram.

Selisih yang hampir sama juga terjadi di sejumlah pasar. Pedagang menjual tomat seharga Rp2.000 per kilogram hingga Rp3.000 per kilogram.

Harga yang tak sebanding tersebut diungkapkan oleh Wimah, salah seorang pedagang sayuran di Pasar Sayur Magetan. Menurut dia, harga tomat memang sudah anjlok.


Sebelumnya harga tomat paling tinggi bisa mencapai Rp15 ribu per kilogram. Kini paling murah Rp3.000 per kilogram.

“Kalau eceran harganya Rp4.000 per kilogram. Harga ini sudah termasuk murah. Paling mahal, tomat itu mencapai Rp15 ribu per kilogram,” kata Wimah pada beritajatim.com, Senin (26/9/2022).

Dari para tengkulak, para pedagang membeli dengan harga Rp2.000 per kilogram. Kemudian dipisahkan sesuai dengan besar kecil dan kualitas tomat. Jika masih bagus, harga bisa lebih tinggi.

“Harga itu sudah wajar dengan harga dari petani Rp1.000. Kalau penyebab murahnya karena pasokan memang banyak, tapi yang beli tidak banyak. Ditambah saat ini sedang panen raya. Jadi Pasokan melimpah,” kata Wimah. [fiq/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar