Ekbis

Satgas Pangan Sidak Harga Sembako di Pasar Gresik

Harga Jahe Merah Melambung Tinggi

Gresik (beritajatim.com) – Tim Satgas Pangan melakukan sidak harga sembako di Pasar Baru Gresik. Tim terdiri Dandim 0817 Letkol Inf Budi Handoko, Kapolres AKBP Kusworo Wibowo, dan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Gresik, Agus Budiono.

Mereka berkeliling pasar mulai dari stand sayuran dan buah-buahan yang berada di depan hingga stand daging yang berada di area belakang.

Ketiga pejabat itu menanyai ketersediaan sembako, seperti beras, minyak, gula kepada para pedagang yang melambung naik. Tidak hanya itu, empon-empon ternyata mengalami kenaikan. Paling mahal adalah jahe merah dari Rp 45 ribu per kilo sekarang Rp 80 ribu per kilo.

Kepala Diskoperindag, Agus budiono menuturkan ketersediaan sembako di pasar baru seperti beras, minyak goreng, telor, ayam potong aman dan harganya stabil.

“Masih stabil hanga beberapa harga sembako seperti gula pasir yang mengalami kenaikan. Empon-empon juga alami kenaikan. Hal ini karena imbas dari hulu juga naik,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk harga gula pasir saat ini mencapai Rp 18 ribu perkilo. Kenaikan tersebut masih dalam tahap wajar. Sehingga, tidak perlu menggelar operasi pasar saat ini.

“Tidak ada operasi pasar,” imbuhnya.

Kapolres Gresik, AKBP Kusworo Wibowo menegaskan saat ini ketersiadaan sembako masih ada dan stok melimpah. Pihaknya menempatkan personel di pasar dan tempat perbelanjaan memantau jika ada spekulan yang memborong sembako.

“Tidak perlu panic buying atau aksi borong sembako. Sebab, ketersediaan bahan pokok masih aman, dan melimpah,” tandasnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar