Iklan Banner Sukun
Ekbis

Harga Green Beans Kopi Bondowoso 5-8 Dolar Per Kilogram

Jember (beritajatim.com) – Kopi arabika dan robusta petani Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, mulai mendunia. Universitas Jember di Kabupaten Jember bekerja sama dengan PT. Astra Internasional untuk membina petani di sana.

Kopi Bondowoso adalah salah satu dari sekian varian kopi yang ikut serta dalam Indonesia Coffee Cupping 2021 di Den Haag, Belanda, Kamis (2/9/2021) kemarin. Ali Badruddin, Sekretaris I Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember mengatakan, green beans (biji hijau) kopi arabika Bondowoso ditawarkan seharga 8,62 dolar per kilogram. Sementara untuk kopi robusta ditawarkan harga 5,17 dolar per kilogram.

Ali berharap perundingan bisa segera menemui kata sepakat. “Bisa dibayangkan keuntungan yang diterima para petani kopi Bondowoso,” katanya, sebagaimana dilansir Humas Unej, Sabtu (4/9/2021).

Ali mengatakan, perlu kerja keras dan kerja sama dengan semua pihak untuk membawa kopi Bondowoso ke tingkat dunia. “Kini tantangannya bagaimana menjaga dan meningkatkan mutu kopi Bondowoso dan memastikan hasil panen, agar tercipta kesinambungan ekspornya,” katanya.

Sebelum ada pembinaan, Ketua Bidang Pemasaran Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wana Agung Sejahtera, Ahmad Rizal, mengatakan. petani lebih suka menjual kopi dalam bentuk gelondongan. “Kemudian diberi merk sesuai keinginan pembeli. Malah oleh pembeli dari Bandung diberi merk kopi Ciwidey Bandung padahal asalnya dari Sumber Wringin Bondowoso,” katanya.

Camat Sumber Wringin, Rizky Idham Lukmana berharap program Desa Sejahtera Astra tak berhenti pada 2022. “Kami masih ingin pembinaan bagi petani kopi dan warga Sumber Wringin terus berlanjut. Apalagi kami berniat membangun Sekolah Kopi bagi anak muda Bondowoso yang ingin belajar seluk beluk tentang kopi,” katanya. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar