Ekbis

Harga Cabai Rawit Tinggi, Sebabkan Inflasi Kota Madiun Bulan Februari

Pedagang cabai rawit Pasar Bessr Madiun, Selasa (2/3/2021).(Foto/Ade Mas Satrio)

Madiun (beritajatim.com) – Harga cabai rawit mahal selama Februari 2021. Kenaikan harga mencapai 13,50 persen. Maka, tak heran jika komoditas ini kembali menjadi penyebab inflasi di Kota Madiun pada Februari 2021.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun, inflasi pada Februari 2021 mencapai 0,08 persen. Angka ini jauh di bawah inflasi bulan sebelumnya. Yakni, 0,60 persen pada Januari 2021.

Angka inflasi Kota Madiun pada Februari 2021 juga di bawah angka inflasi Jawa Timur. Yakni, 0,22 persen. Serta, di bawah angka inflasi Nasional yang sebesar 0,10 persen.

Kepala BPS Kota Madiun Dwi Yuhenny menuturkan bahwa faktor cuaca masih menjadi penyebab harga cabai melambung tinggi. “Musim hujan berpengaruh terhadap produksi cabai rawit,” paparnya, Selasa (2/2/2021).

Selain cabai rawit, beberapa komoditas lain juga mengalami kenaikan harga. Di antaranya, nyangka muda, mobil, nasi dengan lauk, cabai merah, bawang putih, terong, bawang merah, tempe, dan kacang panjang.

Sedangkan, komoditas penekan inflasi yaitu harga telepon seluler, jeruk, pisang, tomat, daging ayam ras, pepaya, emas perhiasan, apel, ketimun, dan jagung manis. (ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Kiat Menulis Artikel Kesehatan Populer

Resep Nasi Aladin Khas Timur Tengah

Resep Sup Kikil, Gurih dan Empuk