Ekbis

Harga Cabai Rawit di Sampang Per Biji Rp 250

Cabai rawit milik Atik warga Sampang

Sampang (beritajatim.com) – Harga cabai rawit di seluruh wilayah Kabupaten Sampang, mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pasalnya, hampir mendekati angka Rp 100 ribu per kilogram atau berkisar antara Rp 70 ribu sampai Rp 90 ribu.

“Hitunganya per biji seharga Rp 250, sebab saat menyodorkan uang Rp 1000 kepada pedagang hanya mendapatkan 4 biji cabai,” ujar Atik, salah satu pedagang kaki lima di area lapangan Wijaya Kusuma, Sampang, Selasa (19/1/2021).

Atik menambahkan, mahalnya harga cabai ini berlangsung sekitar 1 bulan lalu dan terus mengalami kenaikan hingga detik ini.

“Karena harga cabai mahal, tidak ada masakan yang pedas karena menguranggi komposisi cabai dalam resep makanan,” imbuhnya.

Terpisah, menurut Abdus Sukur, Kasi Informasi Perdagangan, Penyaluran Barang dan Jasa, Dinas Koprasi Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Sampang, menjelaskan. Akibat melonjaknya harga cabai rawit di pasaran lantaran sejumlah petani cabai gagal panen.

“Salah satunya, yaitu faktor cuaca yang tidak mendukung terhadap pertumbuhan cabai dengan normal. Tanaman cabai petani lokal maupun petani pemasok daerah lain juga mengalami kendala,” tandasnya.

Sekedar diketahui, untuk kebutuhan pokok lainya terbilang stabil dan tidak mengalami kenaikan harga. Hanya harga cabai yang kian melambung. [sar/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar