Iklan Banner Sukun
Ekbis

Harga Cabai di Sumenep Berangsur Turun, Harga Bawang Merah Tetap Tinggi

Penjual cabai dan bawang di pasar tradisional sumenep (foto : Temmy P)

Sumenep (beritajatim.com) – Harga cabai di pasar tradisional Sumenep berangsur turun, baik untuk cabai rawit maupun cabai merah besar. Setelah pekan lalu harganya mencapai Rp 100.000 per kg, pekan ini merosot menjadi Rp 80.000 per kg.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Sumenep, Noer Lisal Anbiyah menjelaskan, harga cabai mulai turun karena panen cabai di sejumlah daerah penghasil cabai mulai membaik.

“Kalau hasil panen bagus, otomatis stok melimpah. Karena stok di pasaran mulai banyak, maka harga pun berangsur turun. Itu terjadi untuk cabai rawit dan cabai merah besar,” katanya, Selasa (19/07/2022).


Sementara untuk harga bawang, pekan ini juga turun tipis. Setelah pekan sebelumnya sempat mencapai harga Rp 70.000 per kg, pekan ini harganya turun menjadi Rp 65.000 per kg. Sedangkan harga bawang putih justru sebaliknya, mulai merangkak naik. Harga bawang putih pekan ini menjadi Rp 20.000 per kg, setelah pekan sebelumnya Rp 17.000 per kg.

“Naik turunnya harga bawang ini juga lebih disebabkan faktor stok barang. Kalau keterseediaannya melimpah, maka harga akan turun. Sebaliknya, kalau stoknya menipis, maka harga mulai naik. Untuk bawang merah, meski harganya mulai turun, tapi tetap dikategorikan cukup tinggi harganya,” terangnya.

Sedangkan untuk komoditas lain, harganya relatif stabil. Harga daging sapi tetap Rp 100.000 per kg, daging ayam broiler Rp 45.000 per kg, dan daging ayam kampung Rp 90.000 per kg.

“Untuk harga telur juga stabil, tidak ada perubahan. Harga telur ayam ras Rp 28.000 per kg, dan telur ayam kampung Rp 48.000 per kg,” terangnya.

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Sumenep secara rutin melakukan pemantauan harga sembako di pasar tradisional. Pemantauan harga dilakukan di Pasar Anom baru sebagai pasar induk, dan Pasar Bangkal sebagai pembanding. (tem/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar