Ekbis

Harga Cabai di Magetan Naik Rp 100 Ribu Per Kilogram

Magetan (beritajatim.com) – Harga cabai di pasaran terus mengalami kenaikan pada awal tahun 2021 ini. Bahkan di Kabupaten Magetan harga cabai jenis rawit merah tembus di angka Rp 100 ribu per kilogram.

Pantauan Beritajatim.com di salah satu pasar tradisional di Kabupaten Magetan, Pasar Sayur, Minggu (21/2/2021) harga cabai jenis rawit merah mengalami kenaikan yang signifikan. Naik sekitar 35% bila dibandingkan dari tiga hari sebelumnya yaitu Rp 60 – 70 ribu per kilogramnya.

“Harga cabai rawit sebelumnya Rp 60 sampai 70 ribu perkilo. Namun sejak tiga hari ini harga cabai rawit naik, kita sekarang jual 100 ribu per kilo,” kata Suyati pedagang lombok di Pasar Sayur Magetan, (21/2/2021).

Kenaikan harga cabai rawit ini akibat stok yang tersedia di pasar sedikit. Para pemasok dari daerah asal seperti Kabupaten Nganjuk dan Kediri lebih memilih menjualnya keluar Jawa. Harga diluar Jawa diketahui saat ini lebih mahal.

“Terpaksa harus mengikuti harga luar Jawa. Biar mahal tetap kami membeli dari pemasok, bila tidak kami tidak ada yang bisa dijual selain cabai jenis lain,” ujarnya.

Dengan mahalnya harga rawit saat ini para konsumen yang biasanya membeli satu kilogram menguranginya menjadi hanya seperempat kilo saja. Sedang yang biasanya seperempat menjadi se-ons.

Untuk cabai jenis lain, lanjut Suyati cenderung stabil, tidak alami kenaikan seperti cabai rawit. ”Cabai lain stabil, naik turun dikit. Stok aman dari para petani setempat, sedang cabai rawit memang harus didatangkan dari luar daerah,” paparnya.

Para pedagang memprediksi harga cabai rawit masih akan mengalami kenaikan hingga sebulan mendatang, selain tergantung dari daerah luar, selain itu saat ini cuaca hujan terus turun setiap hari yang dapat berdampak pada tanaman cabai petani.(asg/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar