Ekbis

Harga Cabai di Kota Malang Semakin Mahal

Foto ilustrasi

Malang (beritajatim.com) – Sejak pergantian tahun baru dari 2019 ke 2020 hingga saat ini harga cabai di Kota Malang terus melambung tinggi. Harga cabai di Kota Malang mencapai Rp 80 ribu perkilogram. Akibatnya daya beli masyarakat menurun karena harga cabai terlalu tinggi.

“Setelah tahun baru harganya terus naik, pernah turun beberapa hari lalu menjadi Rp76 ribu kini jadi Rp80 ribu. Belinya jadi berkurang terkadang setengah kilogram saja. Jadi pengaruh sekali sama penjualan,” kata penjual cabai di Pasar Besar Kota Malang, Agus Salam, Jumat, (31/1/2020).

Selain harga cabai rawit, harga cabai merah pun merangkak naik. Pada pekan lalu masih dijual Rp66 ribu perkilogram, kini sudah menjadi Rp75 ribu perkilogram. Selain cabai, bawang merah turut mengalami kenaikan dari Rp32 ribu menjadi Rp37 ribu perkilogramnya. Untuk bawang merah harga naik karena pasokan yang terlambat.

“Kalau untuk cabai ya karena sudah masuk musim penghujan. Pasokan kurang, kiriman terlambat, kualitas kurang bagus hujan-hujan begini. Biasanya pasokan 30 sampai 40 kilogram, sekarang turun jadi 25 kilogram. Kalau masih hujan terus seperti ini, harganya bisa naik lagi, padahal normalnya Rp 20 ribu sampai Rp 25 per kilogram,” tandasnya.

Kenaikan harga cabai di Kota Malang bisa memicu terjadinya inflasi di kota ini. Cabai menjadi salah satu komoditi yang menyumbang angka inflasi. Selama tahun 2019 lalu, harga cabai menjadi satu dari 10 komoditi yang berkontribusi terhadap inflasi. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar