Ekbis

Harga Cabai di Jombang Selangit, Rp 1000 Hanya Dapat 4 Biji

Pemilik warung sambal di Jombang menunjukkan cabai yang baru dibeli dari Pasar Legi, Rabu (3/3/2021). [foto/Yusuf Wibisono]

Jombang (beritajatim.com) – Harga cabai di Jombang, Jawa Timur, terus melonjak. Saat ini harga si pedas di sejumlah pasar tradisional berkisar antara Rp 107 ribu hingga Rp 110 ribu per kilogram. Bahkan di tingkat eceran, uang Rp 1000 hanya mendapat cabai atau lombok empat biji.

Sejumlah pasar itu di antaranya Pasar Legi Jombang, Pasar Pon Jombang, Pasar Peterongan, Pasar Mojoagung, Pasar Ploso, serta pasar di tingkat kecamatan lainnya. “Untuk hari ini harga cabai Rp 110 ribu per kilogram. Harga kulakannya juga naik,” kata Siti, salah satu pedagang di Pasar Legi, Rabu (3/3/2021).

Meski harga selangit, para konsumen tetap membeli komiditas tersebut. Utamanya bagi para pemilik warung sambelan (sambal) dan rumah makan. Pasalnya, cabai merupakan kebutuhan pokok bagi mereka. Tentu saja, pemilik warung itu harus memutar strategi agar tidak terbebani dengan harga cabai.

Umi Kulsum (47) salah satunya. Pemilik warung sambelan di Jl Sukarno-Hatta, Babadan, Kepuhkembeng, Jombang ini meminta pelangganya memaklumi ketika sambalnya tak lagi nendang. Jika minta sangat pedas, kata Umi, maka diminta menambah uang atau bawa cabai sendiri.

“Kalau pembeli minta sambal sangat pedas, kita minta bawa cabai sendiri. Atau menambah uang cabai. Antara Rp 1000 hingga Rp 2000. Karena harga cabai sangat mahal. Alhamdulillah, pelanggan bisa memaklumi,” kata Umi.

Umi mengatakan, kenaikan cabai terjadi seja dua pekan terahir. Mulai harga Rp 70 ribu per kilogran hingga saat ini tembus Rp 110 ribu. Karena penasaran, Umi pernah membeli cabai satu ons, yakni Rp 11 ribu. Dia kemudian menghitung jumlah cabai tersebut.

“Nah ketemunya, per uang Rp 1000 mendapatkan cabai empat biji. Kami berharap tidak ada lagi kenaikan harga cabai. Karena hal itu bisa menyusahkan warung sambelan seperti saya,” kata Umi yang juga berharap agar pemerintah melakukan stabilisasi harga. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar