Ekbis

Harga Cabai di Banyuwangi Makin Pedas

Banyuwangi (beritajatim.com) – Harga sejumlah kebutuhan bumbu dapur di Pasar Tradisional Banyuwangi terpantau mengalami kenaikan. Kondisi ini terlihat sejak dua pekan lalu.

Harga cabai merah besar misalnya, saat ini mencapai Rp 64 ribu per kilo. Sedangkan cabai rawit dijual seharga Rp 60 ribu per kilo. Padahal, sebelumnya harga dua komoditi itu masih dikisaran Rp 20 – 24 ribu per kilogram pada bulan Desember 2019 lalu.

“Kenaikan karena stok tidak ada, ditambah musim penghujan banyak lombok yang mati,” ungkap Tiara pedagang di pasar setempat, Sabtu (18/1/2020).

Harga lain yang terpantau mengalami kenaikan yaitu jenis bawang. Harga bawang merah dan bawang putih dijual Rp 30 – 32 ribu per kilogram.

“Ini juga ada kenaikan karena daerah penghasil bawang juga musim hujan, jadi sulit mendapat stok,” katanya.

Kondisi ini membuat sejumlah konsumen harus putar otak untuk menyiasati harga. Salah satunya dengan mengurangi jumlah pembelian.

“Ya naiknya kan 100 persen, harusnya bisa dapat sekilo sekarang cuma setengahnya saja. Jadi ya terpaksa beli setengah kilo lombok, sisanya bisa buat belanja yang lain,” pungkasnya. [rin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar