Ekbis

Harga Beras Medium di Sumenep Makin Melambung

Sumenep
Penjual beras di pasar tradisional sumenep (foto : Temmy/ beritajatim.com)

Sumenep (beritajatim.com) – Harga beras di pasar tradisional Sumenep masih tinggi, terutama untuk kualitas medium. Awal pekan ini, beras medium atau beras lokal Rp13 ribu per kg, naik Rp1.000 dibanding pekan lalu. Sedangkan harga beras kualitas premium stabil Rp 13.400 per kg.

“Harga beras lokal sampai saat ini memang masih mahal, karena banyak petani yang gagal panen karena kemarau panjang. Ini terjadi tidak hanya di Sumenep, tapi di daerah-daerah lain juga seperti itu,” kata Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep, Idham Halil, Senin (25/9/2023).

Selain beras, awal pekan ini yang juga mengalami kenaikan harga adalah komoditas cabai. Baik cabai merah besar maupun cabai rawit.

Untuk cabai merah besar kenaikannya cukup tajam. Pekan lalu harganya masih Rp24 ribu per kg dan pekan ini melonjak menjadi Rp30 ribu per kg.

BACA JUGA:
Segel SMKN 1 Kalianget Sumenep Dibuka, Siswa Bisa Belajar

Sedangkan cabai rawit awal pekan ini harganya Rp22 per kg. Harga tersebut naik Rp 2.000 dibanding pekan lalu.

“Harga cabai ini juga dipengaruhi stok di pasaran. Kalau stok melimpah karena panen bagus, maka harganya turun. Sebaliknya kalau stok tipis, harga pun naik,” ujar Idham.

Sedangkan untuk harga komoditas lain relatif stabil. Harga telur ayam ras tetap Rp27 ribu per kg, dan telur ayam kampung Rp48 ribu per kg.

BACA JUGA:
Gerebek Arena Judi Sabung Ayam dan Remi, Polres Sumenep Tangkap 8 Pelaku

“Untuk komoditas daging juga stabil. Harga daging sapi tetap Rp120 ribu per kg, daging ayam kampung Rp90 ribu per kg, dan daging ayam broiler Rp40 ribu per kg,” paparnya.

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Sumenep secara rutin melakukan pemantauan harga sembako di Pasar Anom baru sebagai pasar induk, dan Pasar Bangkal sebagai pembanding. [tem/beq]


Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Indeks



Apa Reaksi Anda?

Komentar