Ekbis

Harga Bawang Merah Anjlok, Petani Mojokerto Sambat

Petani bawang merah di Pacet, Kabupaten Mojokerto. Foto : misti/beritajatim

Mojokerto (beritajatim.com) – Petani bawang merah di Dusun Made, Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto sambat alias mengeluhkan harga bawah merah yang terus anjlok. Saat ini, harga bawang merah di tingkat petani antara Rp6 ribu sampai Rp6,5 ribu per kilogram.

Salah satu petani bawang merah, Suryanto (52) mengatakan, panen raya kali ini harga bawang merah anjlok. “Padahal tidak ada impor bawang merah, ya murah dengan sendirinya. Soalnya sekarang masa panen raya, hasilnya melimpah ruah,” ungkapnya, Jumat (7/9/2019).

Masih kata Suryanto, harga bawang merah di tingkat petani saat ini Rp6 ribu sampai Rp6,5 ribu per kilogram. Bahkan dua minggu sebelumnya, harga turun drastis di kisaran Rp4 ribu sampai Rp4,5 ribu per kilogram. Ini lantaran panen raya.

“Sekarang panen raya dari timur ke barat. Mulai dari Bima, Brebes, Nganjuk sampai Pacet. Ditambah lagi, Pacet saat ini kondisi cuaca berawan sshingga petani hanya bisa memanen bawang di musim kemarau. Sehingga panen hanya bisa dilakukan satu kali dalam setahun,” katanya.

Menurutnya, petani untung jika harga bawang merah di tingkat petani antara Rp8 ribu sampai Rp9 ribu per kilogram. Seperti panen raya pada bulan Januari sampai Juli 2019 lalu. Suryanto menegaskan, saat ini jika hasil panen sudah kembali modal, sudah untung.

“Hasil panen dari lahan seluas 2 hektar, tahun 2017 hanya 3 ton karena hasil kurang bagus dan rugi 13 juta. Tahun 2018, hasilnya 4 ton dengan harga Rp8 ribu dan tahun 2019 ini, hasil memang mencapai 7 ton tapi harga jual anjlok. Bisa balik modal saja sudah alhamdulillah,” tuturnya.

Para petani bawang merah di Pacet berharap dengan harga bawang merah anjlok, pemerintah bisa memberikan solusi bagi petani bawang merah. Para petani bawang merah siap jika di ekspor dan dibimbing untuk menghasilkan bibit yang berkwalitas dengan rasa yang tetap unggul.

Sementara itu, salah satu pedagang bawang merah di Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto, Friske (25) mengatakan, jika sejak satu minggu lalu harga jual bawang merah di pasaran turun. “Hanya Rp10 ribu, sebelumnya masih Rp24 per kilo. Saat ini sedang panen raya sehingga stok banyak,” tegasnya. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar