Ekbis

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Harga Bahan Pokok di Malang Merangkak Naik

Malang (beritajatim.com) – Jelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020, harga sejumlah bahan pokok di Kabupaten Malang mulai merangkak naik. Hal itu diketahui ketika Tim Gabungan Satgas Pangan dari Polres Malang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP turun langsung ke pasar Singosari, Kabupaten Malang.

Hanya saja, merangkaknya harga bahan pokok itu dianggap masih tergolong stabil. ‚ÄúDari sidak ini, memang ditemukan kenaikan harga. Namun dari kenaikan harga tersebut belum masuk kategori naik signifikan. Artinya, belum naik hingga 50 % bahkan lebih. Misalnya, harga tomat dari Rp 10 ribu per kilogram, mengalami kenaikan harga Rp 12 ribu,” ungkap Sindu Cahyono selaku Pengamat Tera Metrologi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Senin (16/12/2019) di pasar Singosari.

Kestabilan kebutuhan bahan pokok juga dianggap masih normal. Menurut Sindu, harga cenderung masih stabil. Hal sama juga ditegaskan Kabid Cadangan Pangan dari Dinas Ketahanan Pangan, Kabupaten Malang, Robithoh. Kata dia, tidak ada barang yang susah ditemukan. Semua masih bisa di dapat masyarakat dengan harga yang cenderung stabil.

Kenaikan harga diperkirakan akan melonjak drastis H-7 menjelang Nataru. Kenaikan itu disebabkan tak lain, kebutuhan konsumsi di hari-hari besar di masyarakat meningkat. Sedangkan suplai mengalami keterbatasan.

“Kenaikan itu diperkirakan H-7. Hal itu dikarenakan kosumsi masyarakat meningkat drastis. Yang biasanya tidak masak, karena kumpul- kumpul keluarga besar akhirnya memasak besar,” urainya.

Sementara itu, Satri salah satu pedagang sayu mayur mengatakan, dari semua dagangannya mengalami kenaikan. Hal itu dikarenakan, barang mulai langka menjelang natal dan tahun baru.

Harga yang mengalami kenaikan adalah bawang merah dari Rp 30 ribu hingga Rp 33 ribu. Tomat dari harga Rp 10 ribu, menjadi Rp 12 ribu. Bawang putih dari Rp 25 ribu, menjadi Rp 28 ribu. Sedangkan lombok merah kecil, dari Rp 28 ribu, naik menjadi Rp 30 ribu.

Sedangkan untuk bahan pokok, juga mengalami kenaikan hingga 3 kali dalam kurun satu minggu seperti harga telor Rp 23 ribu perkilogram, naik menjadi Rp 25 ribu. Harga minyak goreng dari Rp 10 ribu, naik menjadi Rp 12 ribu. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar