Ekbis

HAPI Tetap Gelar Pelatihan Di Tengah Pandemi

Surabaya (beritajatim.com) – Pandemi tak membuat Himpunan Aplikator Indonesia (HAPI) menghentikan misinya melakukan pelatihan kompetensi untuk para tukang atap baja ringan di Jatim.

Tak kehabisan akal HAPI bersama Zinium dan Ikatan Arsitek Indonesia Jawa Timur mengadakan pelatihan virtual tentangĀ  perencanaan dan spesifikasi baja ringan.

Webinar dengan tema “Pengaruh Perencanaan Dan Spesifikasi Rangka Atap Baja Ringan Terhadap Kualitas Dan Keselamatan Bangunan” ini gelar pada hari Kamis (4/6/2020) dan diikuti oleh anggota IAI, Mahasiwa, Praktisi dan Akademisi.

Ketua Umum HAPI Mochamad Soleh mengatakan tujuan dari diadakan webinar ini adalah untuk melakukan edukasi para Arsitek, perencana, pengawas pembangunan termasuk kontraktor proyek swasta atau pemerintah serta masyarakat umum tentang cara membuat perencanaan dan spesifikasi barang dan jasa pada pemasangan rangka atap baja ringan.

Webinar juga dilakukan agar mereka paham bagaimana pembuatan spesifikasi baja ringan secara detail dan lengkap, agar para perencana, kontraktor, maupun pengawas pembangunan dapat juga secara jelas dan lengkap dalam mengadakan barang dan jasa, dan juga sekaligus dalam pemasangannya.

“Karena ada beberapa profesi seperti perencanaan dan arsitektur di lapangan ternyata belum memiliki pengetahuan yang memadahi tentang perencanaan atau spesifikasi dari jaringan sehingga mempengaruhi kualitas bangunan,” kata Mochamad Soleh di Surabaya, Kamis (4/6/2020).

Ia berharap mendapatkan wawasan dan pengetahuan bagaimana cara membuat perencanaan dan menentukan spesifikasi barang dan jasa dan langsung diaplikasikan di tempat kerja masing-masing.

Dengan langkah tersebut, maka hasil perencanaan sesuai standar termasuk pembuatan spesifikasi yang detail dan lengkap untuk meminimalisir kekeliruan dalam pelaksanaan pembangunan suatu bangunan terutama yang terkait dengan rangka atap baja ringan.[rea]





Apa Reaksi Anda?

Komentar