Ekbis

Hama Wereng Mulai Serang Padi di Jember

Jember (beritajatim.com) – Hama wereng mulai menyerang padi di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Akibat anomali iklim.

“Dengan cuaca ekstrem ini, kadang panas luar biasa, disusul setelah itu hujan lama sekali, sangat rentan OPT (Organisme Pengganggu Tanaman),” kata Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Jember Jumantoro, Kamis (27/2/2020).

Informasi yang diperoleh Jumantoro menyebutkan, wereng mulai menyerang padi di Kecamatan Sumbersari, Ajung, Tanggul, Ambulu, dan Wuluhan. Ada sekitar 50-100 hektare yang mulai terserang. “Kalau ini tidak diantisipasi serius oleh pemerintah daerah dan petugas di lapangan maka akan terjadi gagal panen,” kata Jumantoro.

Jumantoro berharap, petani yang memiliki sawah yang sudah terserang wereng agar segera berkoordinasi dengan petugas penyuluh lapangan. Ia menyarankan segera dilakukan penyemprotan insektisida massal agar tak meluas. “Tak hanya wereng, OPT lain juga mulai menyerang,” katanya.

Petani juga diminta mengecek kondisi pengairan sawah. Kalau ditemukan wereng, menurut Jumantoro, segera lakukan penyemprotan. “Tanya spesifikasi obat ke penyuluh. Kalau wereng dibiarkan, bisa gagal panen. Apalagi penyeberannya sangat cepat. Kalau tak ditangani, seminggu petakan habis,” katanya. HKTI sendiri sempat melakukan penyemprotan massal secara swadaya. (wir/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar