Ekbis

Hama Tikus Serang Puluhan Hektare Sawah di Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Puluhan hektare sawah di Sumenep diserang hama tikus. Serangan hama itu hampir merata terjadi di seluruh kecamatan.

“Yang diserang bibit padi yang baru kami tanam. Kami para petani ini benar-benar resah dengan serangan hama tikus ini,” kata salah satu petani di Desa Pabian, Kecamatan Kota Sumenep, Musaha, Rabu (06/01/2021).

Bibit padi yang dimakan tikus rata-rata hanya menyisakan akar. Sebagian ada yang tinggal separuh. Namun bibit yang tersisa separuh itupun tidak mungkin untuk ditanam.

“Kalau yang tinggal separuh ini dipaksakan untuk ditanam ya percuma juga, karena akan mati terendam air,” ujarnya.

Ia mengaku para petani sudah berusaha mengatasi hama tikus itu dengan memberikan obat. Namun tidak membawa hasil. “Yang terjadi malah tikus itu semakin banyak dan serangannya makin ganas,” terang Musaha.

Akibat serangan hama tikus itu, para petani kekurangan bibit untuk menanam padi. Beberapa lahan pertanian yang sudah tergarap tampak dibiarkan karena pemiliknya masih mencari bibit.

“Karena yang diserang bibit padi, akhirnya bibit padi ini sulit untuk didapat. Kami mencari kemana-mana,” ucapnya. [tem/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar