Ekbis

H-3 Lebaran, Nelayan Pantura Lamongan Libur Melaut

Lamongan (beritajatim.com) – Memasuki tiga hari sebelum lebaran, ribuan kapal nelayan di pesisir pantura Lamongan telah bersandar dan menghentikan aktivitas melautnya. Seperti yang terlihat di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong Lamongan, Senin (10/05/2021).

Kepala UPT TPI, Bambang Tri S, S.Pi menyampaikan, bahwa hari ini aktifitas melaut mulai libur, dan nelayan akan kembali melaut tujuh hari setelah Idul fitri. “Iya, sudah libur sejak hari ini. Biasanya mulai melaut lagi pada H+6 atau H+7,” ujarnya kepada beritajatim.com

Bambang menambahkan, bahwa harga ikan di TPI nantinya diperkirakan akan naik jika dibandingkan sebelumnya, lantaran pasokan ikan hasil tangkap dari nelayan sedikit. Namun setelah hasil tangkap ikan nelayan melimpah, harga ikan diperkirakan akan kembali turun.

“Stok ikan selama beberapa hari ke depan mungkin tetap ada, tapi sedikit dan mempengaruhi kenaikan harga. Seminggu setelah lebaran, kapal-kapal sudah melaut, pasokan ikan sudah kembali normal,” terangnya.

Sementara itu, meski tak melaut, beberapa Anak Buah Kapal (ABK), terlihat sibuk memperbaiki kapal, mulai dari mesin, badan kapal, mencat kapal hingga perlengkapĀ­an lainnya. Menurut salah seorang ABK, perbaikan yang mereka lakukan tersebut, untuk persiapan melaut setelah lebaran mendatang.

“Untuk persiapan, mas. Setelah lebaran kita kan harus melaut kembali. Waktu libur ini kita gunakan untuk memperbaiki. Biasanya seminggu setelah lebaran kita mulai melaut lagi,” jelas Tono (36), ABK asal desa Belimbing Kecamatan Paciran.

Kondisi tersebut memang telah menjadi tradisi para nelayan saat libur lebaran. Selain itu, sebagian dari ABK memanfaatkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga.

Namun, di sebagian tempat lain di pantura Lamongan, beberapa nelayan yang menggunakan perahu berukuran kecil tetap melakukan aktivitas tangkap ikan dalam jarak dekat. Mereka tetap melaut untuk memenuhi permintaan ikan segar dari konsumen yang terus meningĀ­kat saat lebaran. [kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar