Iklan Banner Sukun
Ekbis

Gudang Garam Butuh Ribuan Tenaga Kerja, Disnaker Magetan: Utamakan Warga Sekitar

Magetan (beritajatim.com) – PT Gudang Garam Tbk yang membangun pabrik di Desa Prampelan Karangrejo Magetan bakal membutuhkan ribuan tenaga kerja. Setidaknya total 170 staff administrasi produksi dan 2.500 operator produksi.

Sementara untuk perekrutan perusahaan kretek yang bermitra dengan PT Trimitra Karya Sejati itu sudah melakukan rekrutmen untuk staff administrasi produksi sejak September 2021 dan para pelamar menjalani tes pada Januari 2022 lalu.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Magetan Singgih Mujoko mengungkapkan pihaknya sudah berkali-kali meminta pada manajemen PT Gudang Garam untuk mengutamakan warga Magetan. Hal itu juga sudah disampaikan langsung oleh Bupati Magetan Suprawoto dalam beberapa kesempatan saat audiensi dengan manajemen pabrik kretek raksasa itu.

”Kami memang tidak memiliki hak untuk campur tangan langsung dalam menentukan kuota untuk tenaga kerja asal Magetan yang bisa diterima. Semuanya tetap berada di tangan manajemen mereka sendiri. Tapi yang jelas kami meminta agar warga Magetan diutamakan,” kata Singgih, Selasa (5/4/2022).

Dia meyakini, meski saat ini belum kembali membuka lowongan resmi, sudah banyak pelamar yang mengirimkan berkas lamaran langsung ke pabrik. Namun, dia meminta agar warga tetap sabar menanti lowongan. Agar, berkas yang dikirimkan bisa sesuai dengan apa yang disyaratkan oleh perusahaan.

Singgih menyebut manajemen pabrik itu sudah membuat draft rencana dan mekanisme perekrutan untuk operator produksi. Namun, belum ada komunikasi lebih lanjut terkait kapan akan membuka rekrutmen.

”Kami juga sangat menantikan rekrutmen untuk staff produksi. Kami mengharap PT Gudang Garam memnang memprioritaskan warga Magetan. Sehingga, perekonomian Magetan bisa meningkat. Kami ingin masyarakat Magetan juga bisa menjadi bagian, dan tidak hanya kebagian multiple effect-nya saja,” kata Singgih.

Untuk diketahui, pabrik yang dibangun Gudang Garam terletak di lahan seluas 51.913 meter persegi di Desa Prampelan, Kecamatan Karangrejo, Magetan. Semua perizinan sudah diajukan kepada dinas terkait meliputi Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Lingkungan Hidup.

Sedangkan izin yang diajukan sendiri meliputi izin rekom tata ruang, izin lokasi, izin pertek pertanahan, analisis mengenai dampak lingkungan, analisis dampak lalu lintas, izin mendirikan bangunan, izin usaha industri, dan tanda lapor dinas tenaga kerja. Sekaligus dengan perizinan bea cukai. Pihak Gudang Garam sudah melakukan audiensi dengan Bupati Magetan pada 5 Mei 2021 silam. Pabrik kretek tersebut bakal menyerap sekitar 2.670 pekerja. (fiq/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar