Ekbis

Gubernur Khofifah: Jatim Butuh 30 Ribu Ekor Sapi Perah

Malang (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, untuk menuju swasembada susu segar, Jawa Timur membutuhkan 30 ribu ekor sapi perah. Hal itu disampaikan Khofifah usai melakukan kunjungan ke PT Greenfields Indonesia, di Desa Babadan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Kamis (5/12/2019) siang.

Khofifah datang untuk meninjau produksi susu di perusahaan yang beridiri sejak tahun 1997 itu.

“Secara nasional kami masih impor susu 80 persen. Di jawa timur masih impor cukup besar yakni 217 ton. Kalau Jawa Timur ingin swasembada susu, dibutuhkan 30 ribu ekor sapi lagi denga produksi 20 liter perhari,” ujar Khofifah.

Guna memperluas cakupan produksi susu, Khofifah ingin PT Greenfields Indonesia memperbanyak investasi di Jawa Timur.

“Maka dari itu tempat produksi susu termasuk greenfields, bisa berinvestasi kembali dan memperluas budidaya sapi perah di jawa timur dan nasional,” jelas mantan Menteri Sosial RI itu.

Khofifah melanjutkan, Provinsi Kalimantan Timur yang akan diproyeksikan sebagai ibu kota RI, bisa menjadi pangsa pasar yang pontesial untuk membina penguatan hubungan dagang. Menurutnya, wilayah sekelas ibu kota, akan membutuhkan banyak logistik seperti makanan olahan dan minuman.

“Kebutuhan logistik akan banyak tersedot. Kami ingin membangun penguatan hubungan dagang, di seluruh provinsi di Indonesia. Misi dagang 2019, sudah mencapai Rp 2,86 triliun. Ini menjadi bagian penting bagaimana titik-titik strategis bisa kami kembangkan,” papar Khofifah. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar