Iklan Banner Sukun
Ekbis

Gresik Ekspor Perdana Jeruk Nipis ke Malaysia dan Singapura

Gresik (beritajatim.com)- Buah jeruk nipis memiliki khasiat yang bagus guna meningkatkan imunitas tubuh. Untuk mengangkat hasil perkebunan jeruk nipis, kali ini sentra buah yang berada di Desa Kebonagung, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik mengekspor jeruk nipis ke Malaysia dan Singapura.

Ekspor perdana yang dilepas oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) itu bertempat di Balai Desa Kebon Agung Kecamatan Ujungpangkah.

Dengan berkolaborasi sama dinas serta pihak terkait, seperti Diskoperindag, Dinas Pertanian, Bea dan Cukai Gresik juga bersinergi dengan atase perdagangan yang ada di berbagai negara. “Kami terus memacu percepatan pemulihan ekonomi daerah sekaligus merealisasikan malalui ekspor perdana jeruk nipis,” ujar Gus Yani, Rabu (2/2/2022).

Potensi tanaman jeruk nipis di Desa Kebonagung, Kecamatan Ujungpangkah sangat menjanjikan. Dengan lahan seluas 450 hektare, mampu menghasilkan rata-rata per hektare sebanyak 2 hingga 3 ton jeruk nipis per bulan.
Kapasitas yang besar ini, perlu adanya strategi pengembangan salah satunya adalah jangkauan pasar tidak hanya di lokal, tapi juga ke pasar luar negeri.

“Kami meminta dinas terkait terus meningkatkan fasilitasi-fasilitasi dan kemudahan-kemudahan yang diperlukan oleh UMKM baik pada sisi peningkatan kualitas produk, kuantitas dan fasilitasi akses pasar,” ujar Gus Yani.

Kepala Desa Kebonagung Lubis Farisman mengatakan, di awal pandemi pada 2020 kondisi pertanian di Kebonagung sangat memprihatinkan. Harga jeruk nipis terendah Rp 700 per kilogramnya.

“Berkat dukungan pemda melalui Dinas Pertanian dan Diskoperindag Gresik, Desa Kebonagung dapat membentuk Koperasi Super Lime dengan tujuan meningkatkan ekonomi masyarakat dan Alhamdulillah saat ini kami bisa melakukan ekspor perdana,” katanya.

Kasi Kepabeanan dan Cukai V KPP Bea Cukai Gresik Eko Rudi Hartono menambahkan, dengan adanya koperasi yang sudah dibentuk oleh Pemdes Kebonagung diharapkan berani melakukan ekspor sendiri. “Bea Cukai, Diskoperindag dengan Asosiasi Gading Emas akan selalu siap berkolaborasi untuk meningkatkan Ekspor Jeruk Nipis hasil perkebunan Desa Kebonagung,” tandasnya. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar