Iklan Banner Sukun
Ekbis

Gresik Dorong Produk UMKM Masuk Hotel Berbintang

Gresik (beritajatim.com) – Produk UMKM asal Gresik terus menggeliat pasca melandainya Covid-19. Salah satu produk yang berhasil menembus pasar ekspor yakni olahan limbah plastik asal Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme. Limbah diolah lagi menjadi sandal dan tas lalu dipasarkan di Hotel Horison dan Hotel Aston Inn.

Melalui kerjasama itu, pemasaran produk UMKM diharapkan bisa dikenal lebih luas lagi. Tidak hanya di desa tapi juga tamu hotel yang menginap.

General Manager Horison GKB Gresik Dodik Saputro mengapresiasi kualitas produk UMKM Desa Banjarsari.

“Bangga bisa dipilih jadi partner bisa bersinergi berkomitmen juga memasarkan produk-produk. Nanti juga ada display juga di lobby kita ikut mensukseskan produk UMKM,” ujarnya, Selasa (10/05/2022).

Sementara itu, General Manager Hotel Aston Inn, Paminta menyampaikan terima kasih dapat bekerjasama dengan UMKM Kabupaten Gresik.

“Selaku ketua PHRI Kabupaten Gresik ini sebuah inovasi produk akan kami sampaikan dan bekerjasama dengan hotel-hotel lain di Gresik untuk sepakat sama-sama kita kembangkan baik melalui UMKM maupun yang lain,” ungkapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani mengatakan, produk UMKM Desa Banjarsari terpilih menjadi 14 besar lomba desa se-Jawa Timur.

“BumDes Banjarsari memiliki potensi inovasi yang lain daripada desa yang lain. Memanfaatkan olahan sampah lebih maju. Sampah plastik diolah menjadi produk yang digunakan sehari-hari seperti tas dan juga sandal,” katanya.

Ia menambahkan, ide menawarkan produk UMKM masuk Desa Banjarsari ke hotel merupakan tindak lanjut dari pameran yang diselenggarakan di Surabaya. Saat itu, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak memuji kualitas produk sandal dan tas dari olahan limbah plastik layak untuk dipasarkan di hotel.

“Bagaimana caranya terus kita pasarkan. Termasuk menjadikan UMKM Banjarsari sebagai sandal atau alas kaki hotel per kamar dan itu perlu proses. Selain memasarkan juga memakai produk UMKM Banjarsari di kamar hotel,” tandasnya. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar