Ekbis

Siapkan Lapak Gratis

Green Red Hotel Bantu Pasarkan Produk IKM Jombang

Pertemuan pelaku usaha IKM Jombang di Green Red Hotel, Jumat (4/10/2019). [Foto: Yusuf/beritajatim]

Jombang (beritajatim.com) – Terobosan baru dilakukan Green Red Hotel Syariah Jombang. Hotel yang berada di Jl Sukarno-Hatta No 55 Jombang ini menggandeng pelaku IKM (Industri Kecil Menengah) di Kota Santri guna pemasaran produk.

Tentu saja, pihak hotel menyiapkan tempat berupa ruko (rumah toko) yang digunakan untuk memasarkan produk-produk unggulan Jombang. Walhasil, pelaku IKM bisa menggunakan sarana tersebut tanpa dipungut biaya alias gratis.

Poin itulah yang itulah yang mengemuka dalam pertemuan antara manajemen hotel dengan sejumlah pelaku IKM, Jumat (4/10/2019). Hadir pula dalam forum tersebut Kabid Perindustrian Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jombang Nurhasanah dan Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Jombang Sri Dwi Astuti.

“Jadi kami sudah menyiapkan ruko untuk pelaku IKM di Jombang. Produk-produk dari industri kecil tersebut bisa dipajang disitu. Tanpa dipungut biaya. Ini selaras dengan program Green Red Hotel, yakni cintai kotamu,” ujar General Manager Green Red Hotel Syariah Jombang, Riyadi Saputra.

Riyadi menjelaskan, selama ini cukup banyak tamu dari luar kota yang menginap di hotel yang ia kelola. Namun demikian, para tamu tersebut selalu kebingungan ketika mencari oleh-oleh untuk dibawa ke kota asal. Berangkat dari hal itulah akhirnya muncul gagasan membuat lapak yang berisi oleh-oleh khas Jombang.

Di lapak itulah para pengunjung bisa mendapatkan buah tangan. “Makanya kami mengundang para pelaku IKM di Jombang untuk gagasan ini. Kami menawarkan kepada pelaku IKM. Silakan nanti masing-masing kordinator usaha kecil menunjuk wakilnya untuk mengisi produk yang ditawarkan,” kata Riyadi.

Para pelaku usaha IKM di Jombang usai menggelar pertemuan di Green Red Hotel Syariah Jombang

Gayung pun bersambut. Para pelaku usaha IKM yang hadir menyambut dengan tangan terbuka. Mereka kemudian meninjau ruko yang sudah disiapkan tersebut. Mereka juga akan menyetor daftar produk serta pelaku usaha yang akan mengisi di ruko tersebut.

Kabid Perindustrian Nurhasanah menyambut baik upaya yang dilakukan Green Red Hotel. Namun dia mengingatkan agar IKM yang menjalin kerjasama tersebut benar-benar sudah memiliki legalitas. “Lagalitas juga sangat penting. Karena produk yang kita jual tersebut akan dibuat oleh-oleh ke kota lain, maka harus sudah memiliki legalitas, baik soal perizinan maupun lainnya,” ujar Nurhasanah di forum yang sama.

Apresiasi serupa juga dikatakan Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Jombang Sri Dwi Astuti. Sri juga memberi masukan agar kerjasama antara Green Red Hotel dengan pelaku IKM tersebut dibuatkan perjanjian hitam di atas putih. “Pada intinya kami sangat mendukung. Karena bisa menghidupkan IKM di Jombang,” ujarnya. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar