Ekbis

Grab Ubah Fitur Agar Drivernya Tidak Pontang-Panting Melayani Pelanggan

Surabaya (beritajatim.com) – Bulan puasa ternyata merubah kebiasaan orang dalam memesan makanan. Data GrabFood menunjukan bahwa pesanan para konsumen terkonsentrasi di waktu-waktu menjelang berbuka puasa di antara pukul 16.00 WIB dan 17.00 WIB.

Padahal sebelumnya, luar bulan Ramadan, jam sibuk terbagi secara merata di waktu makan siang dan makan malam. Hal ini tentu dapat membebani mitra pengantaran, merchant dan juga platform GrabFood.

Oleh karena itu, Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia, Hadi Surya Koe, mengatakan, setiap tahun, tim teknologi dan operasional Grab bersiap-siap selama berbulan-bulan sebelum Ramadan untuk merencanakan aspek operasional di periode ini.

Dengan fitur aplikasi yang disempurnakan, keterlibatan mitra pengemudi dan merchant sejak awal, dan dukungan 24/7 dari tim GrabFood, berharap dapat memberikan layanan yang dapat diandalkan oleh konsumen kapan saja sepanjang hari, sekaligus membantu merchant memperoleh penjualan yang maksimal dan memberikan pengalaman konsumen yang bermutu.

Upaya tersebut, meliputi, Inisiatif Ekstra untuk Pengalaman Konsumen yang Luar Biasa. Inisiatif Ekstra ini terdiri dari Pesanan Terjadwal: Sebuah Fitur yang Terinspirasi dari Bulan Ramadan. GrabFood meluncurkan Fitur Pesanan Terjadwal tahun lalu untuk memfasilitasi persiapan awal para konsumen di bulan Ramadan. Sehingga mitra driver mereka pun tak pontang-panting di sore hari.

Pesanan terjadwal membuat konsumen dapat memesan antara 1 jam sampai dua hari sebelum waktu pengiriman yang diinginkan. Pesanan terjadwal diprioritaskan dibanding pesanan on-demand. Penggunaan fitur Pesanan Terjadwal meningkat 3 kali selama dua minggu pertama Ramadan 2021.

GrabFood juga Meningkatkan Ketersediaan & Efisiensi Mitra Pengiriman. Ini dilakukan melalui Survei dan Insentif Mitra Pengiriman. Ketersediaan mitra pengantaran cenderung sangat berbeda selama 3 hari pada libur Lebaran. Sebelum Ramadan dan Lebaran, GrabFood telah melakukan survei untuk lebih memahami dan merencanakan ketersediaan mitra pengemudi selama liburan. Survei tersebut juga membantu tim merencanakan insentif khusus untuk meminimalisir kekurangan pasokan berdasarkan hasil survei dan pola historis.

“Kami tahu betapa pentingnya makanan selama Ramadan, karenanya tim kami bekerja sangat keras untuk melayani dan mendukung para pengguna dan mitra kami. Melalui fitur aplikasi yang disempurnakan, keterlibatan mitra pengemudi dan merchant sejakawal, dan dukungan 24/7 dari tim GrabFood, kami berharap dapat menjadi layanan yang dapat dipercaya konsumen kapan saja,”pungkas Hadi Surya Koe. [rea]

 



Apa Reaksi Anda?

Komentar