Ekbis

Ganti Rugi Rumpon Nelayan Banyuates Rp 1, 6 Milyar

Plat form Hidayah 1 Petronas Carigali di Banyuates

Sampang (beritajatim.com) – Kegiatan eksplorasi Hidayah -1 Petronas Carigali (PC) North Madura II Ltd, selama 57 hari, berhasil menemukan hidrokarbon berupa minyak mentah dengan lajur alir awal ~2.100 barel minyak per hari (BOPD).

Hal itu ditegaskan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melalui laporan Deputi Perencanaan Jaffee A. Suardin di Jakarta, Selasa (23/2/2021) kemarin.

Tetapi perlu diketahui, sebelum proses pengeboran dilakukan, tercatat ada 279 rumpon milik nelayan di Banyuates menjadi korban, tetapi kemudian mendapatkan ganti rugi per rumpon Rp 6.000.000 dengan total ganti rugi sebesar Rp. 1.674.000.000.

Anggota Komisi II DPRD Sampang, Agus Husnul Yaqin mengimbau hubungan antara Petronas dengan Pemerintah Daerah utamanya dengan nelayan terdampak bisa terus terjalin dengan baik.

“Semoga semua permasalahan kaitannya dengan kegiatan eksplorasi yang dilakukan Petronas bisa segera terselesaikan, mulai dari ganti rugi rumpon, bantuan CSR hingga dana Partisipacing Interest (PI),” harapnya, Kamis (25/2/2021).

Sementara itu, Hendrayana saat berada di gedung DPRD Sampang beberapa waktu lalu mengatakan, jika semua aspirasi dan usulan nelayan terdampak akan dibahas di internal perusahaan. “Nanti kami juga akan melaksanakan kegiatan workshop. Semua perwakilan nelayan dari Banyuates, Ketapang dan Sokobanah akan diundang,” tandasnya.[sar/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar