Ekbis

Animo Tinggi

Frekuensi Penerbangan Sumenep – Pulau Pagerungan Minta Ditambah

Sumenep (beritajatim.com) – Tingginya animo masyarakat yang memanfaatkan jalur penerbangan perintis dari Sumenep – Pulau Pagerungan, Sumenep, langsung direspon otoritas Bandara Trunojoyo dengan mengusulkan penambahan frekuensi penerbangan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Penerbangan Perintis Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Dimas Maharanto mengatakan, sesuai data di bandara, animo masyarakat terhadap penerbangan pesawat perintis di jalur Sumenep-Pagerungan sangat tinggi.

“Setiap penerbangan, selalu ‘full seat’. Bulan ini, dalam lima kali penerbangan, hampir semua tiket sudah terpesan. Karena itu, kami segera mengusulkan penambahan frekuensi penerbangan yang semula satu kali dalam seminggu, menjadi dua kali,” terangnya, Jumat (3/1/2020).

Kementerian Perhubungan memprogramkan penerbangan pesawat perintis dengan rute Sumenep-Pagerungan sejak 25 September 2019. Penerbangan perintis tersebut dilayani oleh pesawat jenis Cessna Grand Caravan milik PT ASI Pudjiastuti Aviation (Susi Air) dengan kapasitas penumpang 10 orang.

Pada tahun ini, PT ASI Pudjiastuti Aviation kembali menjadi operator penerbangan perintis di jalur Sumenep-Pagerungan dan sudah memulai penerbangan pada Rabu (1/1/2020).

“Penerbangan rute Sumenep-Pagerungan itu merupakan satu paket dengan rute Surabaya-Bawean (Gresik) dan Bawean-Sumenep, yang dikelola oleh kami. Sesuai kontrak, jalur penerbangan Sumenep – Pagerungan itu satu kali dalam seminggu,” ujarnya.

Namun melihat tingginya animo masyarakat itu, lanjut Dimas, Otoritas Bandara Trunojoyo mengusulkan penambahan frekuensi penerbangan rute Sumenep – Pagerungan. Konsekuensinya memang akan ada satu rute yang di drop dan dialihkan ke Sumenep – Pagerungan.

“Opsinya mengurangi frekuensi penerbangan di rute Surabaya-Bawean yang dijadwalkan 4 kali satu minggu, dialihkan ke Sumenep-Pagerungan sehingga menjadi dua kali dalam seminggu. Tetapi keputusannya ada di Kementerian Perhubungan. Upaya kami sebatas mengusulkan,” tandasnya.

Selama Januari 2020, penerbangan dari Sumenep – Pagerungan dilakukan setiap hari Rabu. Sesuai jadwal, penerbangan dari Bandara Trunojoyo pukul 09.55 dan tiba di Pagerungan pukul 11.05. Sedangkan penerbangan dari Bandara Pagerungan dijadwalkan pukul 11.20 dan tiba di Bandara Trunojoyo pukul 12.30 WIB. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar