Ekbis

Forkas Siap Dukung Upaya Percepatan Vaksinasi Massal Demi Terciptanya Herd Immunity

Surabaya (beritajatim.com) – Demi mengejar target herd imunity Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha Jawa Timur (Forkas Jatim) menyatakan siap memberikan dukungannya terhadap penyelenggaraan vaksinasi yang digelar bersama Uniqlo, Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, serta dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Setelah di Surabaya, sentra vaksinasi yang digelar di Gedung Kencana, kawasan Jalan Bubutan itu, Forkas menyiapkan tempat serupa di kota lainnya.

“Saat ini sudah berlangsung sejak 26 Juli disini, selanjutnya akan ada sentra vaksinasi lagi di Surabaya yang diinisiasi oleh Forkas Jatim,” kata Eddy Widjanarko, Ketua Umum Forkas Jatim, Jumat (30/7/2021).

Selain dua tempat sentra vaksin di Surabaya, juga disiapkan dua tempat sentra vaksinasi untuk di Malang. Kemudian masing-masing satu tempat sentra vaksinasi di Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Mojokerto dan Jombang.

“Terutama di kawasan-kawasan industri yang ada di daerah-daerah tersebut,” tambah Eddy, dalam peresmian sentra vaksinasi di Gedung Kencana yang dihadiri Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa tersebut.

Tujuannya tak lain demi dampak percepatan  perbaikan ekonomi pasca pandemi Covid 19. Diakui Eddy, di tahun 2021 ini, sebenarnya ekonomi sudah mulai membaik.

“Terutama sejak Januari hingga Mei dan ada harapan sampai akhir tahun. Namun pertengahan Juni hingga saat ini dengan adanya penyebaran secara cepat Covid dengan varian baru tersebut membuat ekonomi kembali harus berhenti lagi,” ungkap Eddy.

Karena itu pihaknya bersama Uniqlo, Hippindo, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian dan terkait lainnya, mendorong vaksinasi dipercepat untuk tercapainya herd imunity untuk seluruh masyarakat.
Sehingga paparan virus Covid 19 bisa berkurang dan perbaikan sektor ekonomi menjadi lebih cepat dan segera pulih.

Apalagi kegiatan ini, juga sejalan dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Khusus di gedung Kencana, ditargetkan setiap hari bisa melayani 500 hingga 1.000 orang bisa mengikuti vaksinasi ini.

“Vaksinasi ini melibatkan 20 orang panitia, 20 orang relawan dan 10 orang tenaga medis. Di lokasi juga disiapkan ICU mini untuk memberikan pertolongan pertama bagi peserta vaksin yang mengalami masalah kesehatan,” jelas Eddy.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat mulai dari disediakannya fasilitas untuk mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh, semua yang ada di lokasi juga wajib memakai masker dan menjaga jarak serta tidak berkerumun.

Dalam kesempatan itu, tampak hadir Yugo Shima Co Chief Operating Officer PT Fast Retailing Indonesia atau Uniqlo Indonesia. Kemudian Purnomo Hadi, Kadis Koperasi UKM Jatim, Ir. R. S. Hanung Harimba Rachman, S.E., M.S, Deputi Bidang UKM Kementrian Koperasi dan UKM, Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum Hippindo, Drajat Irawan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov Jatim, dan Muhamad Rizal, Wakil Ketua Kadin Jatim.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara khusus menyempatkan hadir meninjau vaksinasi dan mengapresiasi kegiatan vaksinasi. Khofifah optimistis bahwa Sentra Vaksinasi ini akan memperluas jangkauan warga masyarakat Jatim untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

“Ini menjadi semangat untuk kita mewujudkan percepatan herd immunity. Ada dua hulu penanganan Covid-19. Yang sangat penting antara lain adalah vaksinasi dipercepat, yang kedua adalah protokol kesehatan diperketat. Dua ini adalah pintu pembuka apakah kegiatan ekonomi, kegiatan sosial, kegiatan dibidang keagamaan dan kegiatan dibanyak tempat supaya bisa beroperasi kembali secara normal,” tandas Khofifah.[rea]


Apa Reaksi Anda?

Komentar