Ekbis

Fit To Work, Upaya Pelindo III Pantau Kesehatan Karyawan

Surabaya (beritajatim.com) – Pandemi Covid-19 yang melanda saat ini membuat sejumlah perusahaan terus beradaptasi guna penyesuaian sistem dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan kerja. Hal tersebut menjadi bagian dalam rangka penerapan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di wilayah kerja masing-masing di masa pandemi. Dalam upaya tersebut, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memiliki program mitigasi yang di sebut fit to work atau sehat sebelum bekerja.

Program tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto dalam webinar dengan tema “Penerapan Kesehatan kerja di masa pandemi Covid-19” sebagai bagian penutupan rangkaian kegiatan peringatan Bulan K3 Nasional Pelindo III tahun 2021. Dalam keterangannya, Edi menyampaikan dimasa pandemi seperti saat ini perusahaan dan pekerja dalam mengemban K3 tidak bisa hanya berfokus pada keselamatan di tempat kerja saja namun juga menjamin kesehatan para pekerja sebelum melakukan aktivitas.

Oleh karena itu, Pelindo III telah menerapkan program Fit To Work sebagai langkah mitigasi yang wajib dilakukan dimasa pandemi seperti saat ini. Diantaranya adalah pemeriksaan rutin kesehatan pekerja serta self assesment daily health cek setiap hari sebelum memulai aktivitas. Hal ini sekaligus untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja.

“Di tengah pandemi seperti ini perhatian kita tidak boleh hanya berfokus pada keselamatan kerja, namun juga upaya dalam menjaga kesehatan para pekerjanya salah satu yang kami lakukan adalah dengan program fit to work yaitu memastikan para pekerja dalam kondisit fit sebelum memulai aktivitas,” tutur Edi.

Puncak peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2021 di lingkungan Pelindo III sendiri dimeriahkan dengan berbagai kegiatan diantaranya ialah webinar tentang K3 yang dikuti lebih dari 1000 peserta, lomba foto dan video sosialisasi K3 berhadiah puluhan juta rupiah, aksi donor darah yang berhasil mengumpulkan total 304 kantong darah, serta gerakan donor plasma konvalesen untuk terapi penyembuhan pasien Covid-19 hingga terkumpul 276 kantong plasma. Pelbagai kegiatan tersebut sebagai upaya Pelindo III menyosialisasikan pentingnya K3 di dunia kerja kepada masyarakat hingga para pekerja di lingkungan internal Pelindo III.

Atas keseriusannya dalam penerapan budaya K3 di lingkungan kerjanya, Pelindo III juga berhasil mengukir sejumlah prestasi di bidang K3 diantaranya adalah penghargaan penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan Zero Accident 2020 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI hingga penghargaan juara 1 Paritrana Awards 2020 yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin.

“Selain terus menanamkan penerapan budaya K3 dalam setiap aktivitas pekerjaan yang kami lakukan guna meningkatkan keselamatan kerja, kami juga berupaya untuk menjaga perlindungan dan jaminan sosial pagi seluruh pekerja kami, hal ini sebagai komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pekerja agar tak hanya keselamatan kerjanya yang terjamin namun juga jaminan sosial mereka,” tutup Edi.[rea]



Apa Reaksi Anda?

Komentar