Ekbis

Era Pandemi dan Pasca Pandemi Butuh Mental Pemburu Peluang Bisnis

Puguh Wiji Pamungkas, Area Vice President Global Entrepreneur Professional (Genpro) Tapal Kuda Jatim [foto: Istimewa]

Jember (beritajatim.com) – Era pandemi membuat sebagian besar bisnis kolaps. Beradaptasi dengan situasi pandemi, pengusaha butuh mental pemburu peluang agar bisa bertahan. Namun mereka juga harus bersiap beradaptasi juga saat pandemi berakhir.

“Selalu cari peluang. Ada bisnis yang akan mati saat pandemi, tapi ada juga bisnis yang justru malah naik,” kata Puguh Wiji Pamungkas, Area Vice President Global Entrepreneur Professional (Genpro) Tapal Kuda Jatim, usai acara pelatihan UMKM yang digelar Genpro, di Aula Pendapa Wahyawibawagraha, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (27/3/2021).

Mentalitas ini yang terus dieksplorasi melalui pelatihan-pelatihan di Genpro yang memiliki 300 anggota di Jember dan 1.500 anggota di area Tapal Kuda. “Pelatihan ini memberikan gambaran luas, kajian strategis, hasil riset banyak pakar dan ahli tentang bagaimana kita sebagai pelaku UMKM bisa menyikapi dan terus tumbuh pada masa pandemi,” kata Puguh.

Pelaku bisnis properti dan pariwisata sangat terdampak. Sebagian pelaku usaha anggota Genpro beradaptasi dengan mengalihkan bisnis ke bisnis lain. “Ada yang buka rental mobil, jual frozen food, kuliner, atau yang berbasis platform social media,” kata Puguh.

Puguh percaya krisis dan pandemi akan berakhir seiring dengan program vaksinasi. “Menurut informasi atau data terakhir, angka kejadian Covid menurun. Setelah lebaran akan dibuka sekolah secara offline. Bahkan di beberapa tempat sekolah offline sudah dimulai. Ini hatus ada yang ditangkap beyond pandemi. Salah satu tujuan pelatihan adalah agar para pelaku usaha anggota Genpro bersiap menghadapi beyond pandemi (situasi pasca pandemi),” katanya.

Menurut Puguh, akan ada banyak peluang bisnis baru setelah pandemi berakhir. “Ini tentu harus disiapkan oleh para pegiat UMKM, sehingga nanti ketika kehidupan normal kembali, mereka sudah siap mengembangkan dan menjalankan bisnisnya dengan baik,” katanya. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar