Iklan Banner Sukun
Ekbis

Enzym Juara dan E Fishery Berbagi Tips Budidaya Udang

Surabaya (beritajatim.com) – Komoditas udang telah lama menjadi salah satu andalan ekspor bagi Indonesia dari sektor kelautan dan perikanan. Tapi iklim yang ekstreme dan kerusakan lingkungan menciptakan tantangan berat bagi petambak udang.

Hal inilah yang membuat Enzym Juara dan E fishery menyelenggarakan sarahsehan bersama puluhan petambak atau pembudidaya udang di Cilacap, Jawa Tengah. Tujuannya supaya mereka mengetahui bagaimana pentingnya pengolahan limbah petakan menggunakan teknologi enzymatis dengan enzim Juara.

Selain itu, pihaknya mengedukasi akan teknologi enzymatis dengan dasar pemikiran limbah harus terdekomposisi secara maksimal dan cepat tanpa menggangu daya dukung hidup udang (DO, alkalinitas, pH dll).

Sofanul Hakim, Teknikal Support PT Juara Biolife Solution mengatakan dengan penggunaan enzym atau gugus protein, bukan makhluk hidup maka kebutuhan mikro organisme yang dibutuhkan untuk proses apapun dipetakan bisa ditekan.

“Jadi kami memberikan edukasi kepada para pembudidaya agar dapat melakukan budidaya yang berkelanjutan, Enzim juara memberikan gambaran mengenai limbah yang terbentuk dan penanganannya sedangkan E fishery memberikan gambaran bagaimana pentingnya penggunaan auto feeder atau pemberian pakan secara otomatis supaua pencapaian target avarage gain daily dapar tercapai, “ungkap Ungkap Sofanul Hakim, Teknikal support PT Juara Biolife Solution.

Sementara itu Ahmad Arif selaku CEO JBS mengatakan dengan kegiatan seperti ini dharapakan para pembudidaya atau pemilik tambak udang bisa menuangkan peluang keberhasilan budidaya sehingga membantu sisi ekonomi dari para pembudidaya serta mensuport pemerintah sesuai target yang diberikan yaitu kenaikan sebesar 250% di tahun 2024 mendatang.

“karena market budiadaya saat ini sangat besar peluangnya. Perikanan budidaya kini telah menjadi tulang punggung di dunia dalam memasok pangan dunia terutama dari sektor perikanan,”ungkap Ahmad Arif.

Maka dengan banyaknya pembudidaya udang saat ini kedudukan Indonesia di posisi kedua untuk pasar Amerika Serikat, sangat memungkinkan bagi penghasil udang di Indonesia untuk terus meningkatkan produksi mereka karena memiliki peluang yang besar di Amerika Serikat. [way/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar