Iklan Banner Sukun
Ekbis

Emil Dardak: Saatnya Membangun Kapabilitas Industri Migas Dalam Negeri

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestiarto Dardak

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat ini tengah muncul semangat baru pada industri energi hulu. Dia menegaskan hal ini penting dimanfaatkan untuk membangun kapasitas dan kapabilitas industri migas dalam negeri.

Emil pun menyoroti wilayah Jatim yang baginya sangat potensial untuk pengembangan industri migas. Apalagi dengan momen perang Rusia-Ukraina yang menyebabkan harga energi yang meningkat.

“Ini juga menimbulkan semangat baru di industri energi industri hulu, di sini harapannya bahwa memang ini yang membuat kita sadar kita harus membangun kapabilitas dan kapasitas di industri migas dalam negeri,” kata Emil saat menghadiri acara Pre-Event Forum Kapasitas Nasional SKK Migas-Kontraktor Kerja Sama Wilayah JABANUSA 2022 di Shangri La Hotel Surabaya, Rabu (18/5/2022) .

Emil menekankan para pelaku industri dalam negeri harus bisa menangkap peluang-peluang yang terbuka dalam upaya peningkatan produksi migas. Kondisi saat ini menjadi harapan bagi ketahanan energi nasional.

“Kita ini bersiap-siap agar peluang-peluang yang terbuka dan upaya peningkatan produksi di sumur-sumur minyak ini bisa ditangkap oleh pelaku industri dalam negeri sebaik-baiknya,” katanya.

Lulusan Doktor Ekonomi Pembangunan tersebut menyampaikan bahwa forum kapasitas nasional yang dilakukan SKK migas ini sebagai afirmasi kepada kompetensi pelaku-pelaku usaha di daerah.

“Saya ingin memastikan posisi pemerintah daerah adalah partisipasi dari perusahaan daerah number one integrity, saya yakin di industri migas sudah saling kenal, sudah saling tahu, yang kedua adalah kompetensi nah ini juga penting artinya bahwa kalo kita percayakan, capability ini memang sesuatu yang sifatnya perlu support, tapi kalo untuk kompetensi butuh afirmasi, saya jujur di sini afirmatif action kita kepada pelaku-pelaku usaha di daerah, bagaimana caranya, ya salah satunya ini forum kapasitas nasional, jadi jangan sungkan-sungkan dan sampaikan,” kata Emil.

Emil berharap agar forum yang digelar SKK Migas ini menjadi wadah yang efektif untuk menjembatani permasalahan yang ada. Dia juga mengapresiasi forum SKK Migas dan dirinya optimis dengan komitmen SKK Migas bukan hanya suatu wacana tetapi juga akan bisa direalisasikan dan ditingkatkan.

“Jadi forum ini bagus sekali, ini forum yang sangat baik yang kita beri apresiasi yang luar biasa kepada SKK Migas dan komunikasi kita dengan SKK Migas juga sangat intensif dan sangat baik, SKK Migas juga banyak menggandeng media-media lokal juga ini bagian dari komunikasi kita yang baik, dan kami optimis dengan komitmen pak deputi Insya Allah hal ini akan menjadi sesuatu yang bukan saja wacana tetapi juga bisa direalisasikan dan bisa kita tingkatkan,” katanya.

Selanjutnya, Emil menyatakan Pemprov Jatim terus berkomitmen mendukung terobosan pendanaan seperti ini. Dia berharap ke depan bisa membangun komunikasi untuk menguatkan sinergisitas dengan semua pihak.

“Serta bagaimana ada bahasan terkait sumber tua migas. Bagaimana kewenangan sektor migas yang khusus untuk sumur tua ini misalnya ada ruang bagi dinas energi di wilayah,” katanya.

Emil juga berharap agar Sumber daya alam yang ada di Jawa Timur dapat menyejahterakan masyarakat.

“Dengan diberdayakannya baik dari usaha maupun dari tenaga kerja lokal sebaik-baiknya dan dalam pengelolaan baik itu konstruksi maupun dana-dana bagi hasil serta juga melakukan sinergi hulu hilir untuk pemberdayaan industri dalam mensupplai energi migas,” pungkasnya. [asg]


Apa Reaksi Anda?

Komentar