Iklan Banner Sukun
Ekbis

Emas Akan Meroket Lagi Awal Tahun, Saatnya Beli Emas Jelang Tutup Tahun

Surabaya (beritajatim.com) – Jelang akhir tahun sudah menjadi tradisi bagi para investor untuk menantikan berbagai momen penting untuk mendapatkan cuan investasi lebih banyak dari waktu-waktu lainnya.

Seperti nelayan menunggu waktu terbaik untuk menjala ikan terbanyak, maka mulai dari Oktober hingga Desember, para investor pun bersiap-siap memasang posisi penting agar tidak ketinggalan momen berburu untung.

Di mulai dari hari cahaya di India, diwali beberapa waktu lalu, kemudian window dressing pada November hingga Desember lalu berlanjut pada January effect. 

Adalah beberapa waktu yang tepat bagi para investor meraih profit lebih banyak terutama dari transaksi perdagangan di pasar emas berjangka (locco gold) dan indeks luar negeri semisal indeks Hang Seng dan indeks Nikkei.

Analis Senior sekaligus Pimpinan Cabang PT Bestprofit Futures Surabaya, Kiki Kurniadin memaparkan, memasuki Desember 2021 dan Januari di tahun 2022, para investor disarankan untuk mengambil posisi buy pada emas karena harga akan meroket naik pada pembukaan awal tahun menuju $ 1.850/toz. 

Harga emas yang mengalami penurunan saat ini di level $1763/ tozadalah gejala umum menjelang akhir tahun karena efek window dressing, seiring dengan membirunya raport kinerja saham di berbagai sektor industri. Sehingga, instrumen indeks akan menjadi lebih menarik buat para investor.

Indeks Hang Seng diprediksi harganya hingga akhir Desember 2021 akan mencapai level 26000, sementara Nikkei di rentang 27000 sampai 29550. 

Untuk locco gold, ketika akhir Desember  diperkirakan akan menyentuh level $ 1.800/toz. 

Setelah terdorong January effect, perhitungan analisa PT BPF Surabaya berikutnya ialah posisi emas masih akan terus mengudara hingga imlek 2022 menuju level US$ 1.880/toz karena diperkirakan kasus Covid varian Omricon akan meluas pada Februari 2022 di tambah adanya peningkatan permintaan emas pada saat hari raya Imlek.

“Saya memperkirakan dari momen ini, profit yang bisa diraih investor bisa mencapai 30% dari protfolio transaksi di pasar emas berjangka dan indeks. Maka, jangan sampai ketinggalan posisi. Karena posisi menentukan kepastian cuan di hari depan” tandas Kiki.[rea]


Apa Reaksi Anda?

Komentar