Ekbis

Ekonomi Terpuruk, Forkas Jatim Berikan 1.000 Sembako untuk Tukang Becak

Surabaya (beritajatim.com) – Hampir semua sektor usaha terpuruk akibat pandemi Covid – 19, salah satunya sektor usaha sepatu skala pabrik merosot hingga 70 persen serta usaha mebel dan perkayuan merosot 30 persen.

Namun Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jawa Timur justru bahu membahu mengumpulkan dana dan memberikan sembako untuk para tukang becak di Surabaya dan Sidoarjo.

Nur Cahyudi, Ketua Umum Forkas Jatim mengakui banyak anggota Forkas yang sudah melakukan pengurangan jam kerja bahkan beberapa pengusaha harus merumahkan tenaga kerja lepas mereka akibat merosotnya perdagangan dan kurangnya pasokan bahan baku yang sebagian harus diimpor.

“Namun ditengah keprihatinan ini, kami juga harus melihat kebawah. Bahwa yak hanya pengusaha yang terpuruk tetapi juga ada masyarakat bahkan nyaris tidak makan. Salah satunya tukang becak, untuk itu hari ini kami sengaja membagikan 1.000 paket khusus untuk tukang becak. Kedepan kami juga akan berikan kepada masyarakat kecil lainnya seperti Ojol dan pemulung,” jelas Nur Cahyudi, Minggu (12/4/2020).

Hal yang sama juga diungkapkan M Sholeh, Humas Forkas Jatim, yang mengakui bahwa pembagian sembako untuk tukang becak ini adalah yang perdana. Kedepan mereka akan terus menyalurkan sembako untuk masyarakat kecil lainnya. Totalnya ditargetkan  akan ada 10 ribu paket sembako selama pandemi Corona ini belum reda.

“Hari ini kami berikan beras 5 kg, minyak goreng 2 Kg serta masker 5 buah ahar saat melayani penumpang para tukang becak juga terlindungi,” papar Sholeh.

Tak hanya itu saja, Forkas Jatim juga berencana akan mendatangi kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya untuk memberikan bantuan APD kepada tenaga medis di Surabaya.

“Kami sudah mengumpulkan ratusan unit APD dan masker yang kami harapkan bisa berguna bagi tim medis. Memang belum banyak, karena kami tidak mau melakukan aksi borong, sebab aksi borong ini akan mengurangi kesempatan rumah sakit mendapatkan APD dipasaran,” tandasnya.[rea/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar