Ekbis

Dukung Lingkungan dan Udara yang Lebih Baik, Pertamina dan Pemkab Sidoarjo Tanam Pohon Bersama

Surabaya (beritajatim.com) – Sebagai bentuk upaya untuk menciptakan kualitas udara yang lebih bersih dan lingkungan yang lebih sehat bagi masyarakat. PT Pertamina (Persero) bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo melakukan kegiatan tanam pohon bersama yang dilaksanakan di alun-alun Kabupaten Sidoarjo pada Jum’at (27/11/). Aksi tanam pohon tersebut dilakukan oleh Asisten Administrasi Pembangunan Kabupaten Sidoarjo, Benny Erlangga, Kepala Dinas LHK Sidoarjo, Sigit Setyawan, Region Manager Retail Sales Pertamina Regional Jatimbalinus, I Ketut Permadi Aryakuumara, dan Perwakilan Hiswana Migas DPD Jatim, Warsito Agus Pramono

Permadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pertamina bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan lingkungan yang lebih bersih dan sehat dengan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif menjaga lingkungan sekitar. “Dengan aksi tanam pohon yang dilakukan pada hari ini, Pertamina berharap dapat mewujudkan lingkungan yang lebih baik untuk masyarakat dan generasi yang akan mendatang,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, bersinergi dengan Pemda Sidoarjo, Pertamina secara simbolis menanam 7 pohon Ketapang Varigata sebagai komitmen Pertamina dan Pemda Sidoarjo untuk mewujudkan lingkungan yang lebih baik untuk masyarakat dan generasi mendatang.

“Pengendalian lingkungan atau kualitas lingkungan tidak bisa hanya dibebankan kepada Pemerintah, dukungan masyarakat dan badan usaha sangat diperlukan untuk mewujudkan lingkungan hidup yang baik khususnya di Sidoarjo,” ujar Sigit.

Kerjasama ini merupakan awal dan menjadi keran pembuka untuk kegiatan lingkungan di Kabupaten Sidoarjo. Sidoarjo sebagai daerah industri dan perumahan perlu dukungan dari Pertamina untuk kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat Sidoarjo. Untuk itu, Program Langit biru menurut Sigit merupakan salah satu terobosan untuk mewujudkan visi tersebut.

Penanaman pohon untuk penghijauan tersebut, sejalan dengan Program Langit Biru (PLB) yang diinisiasi oleh Pertamina yang juga telah dijalankan di Kabupaten Sidoarjo 14 November silam. PLB sendiri merupakan program yang memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk merasakan pengalaman menggunakan BBM yang berkualitas sekaligus membantu mengurangi emisi gas buang dengan pilihan BBM yang lebih ramah lingkungan.

PLB berlaku untuk konsumen kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, angkutan umum kota (angkot), serta taksi plat kuning. “Selain kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, Pertamina juga menyasar angkot dan taksi plat kuning yang merupakan transportasi publik, sehingga diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan beralih ke bahan bakar berkualitas. Selain itu dengan harga khusus, kami mengajak pengendara ini mendapatkan customer experience, bahwa dengan BBM berkualitas mesin kendaraannya lebih awet dan bertenaga,” tambah Permadi.

Selain itu, Pertamina juga mengadakan uji emisi gratis untuk 10 (sepuluh) kendaraan bermotor yang berlokasi di SPBU 54.612.36, Jenggolo, Sidoarjo. Tes uji emisi dilakukan untuk melakukan pengecekan emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan yang sudah beralih menggunakan BBM yang lebih berkualitas.

“BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number atau disingkat RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Selain itu, BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna, Pertamina memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk merasakan produk BBM berkualitas yakni Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98,” tutup Permadi.

Untuk informasi lebih jelas tentang program-program promo Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center di nomor 135. Pelanggan setia Pertamina juga dapat berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan pelayanan Pertamina dan melaporkan apabila terjadi kendala dan hambatan distribusi produk serta layanan Pertamina melalui nomor tersebut. [rea/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar