Ekbis

DPR RI Bahas Rencana Penanganan Bencana Melalui Asuransi

Malang (beritajatim.com) – Bersama DPR RI, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tengah merumuskan alokasi anggaran APBN untuk penanganan bencana Nasional dengan melibatkan perusahaan asuransi.

Hal ini diutarakan anggota komisi XI DPR RI Andreas Edy Susetyo usai menyerahkan bantuan sosial bencana gempa bumi di Pendopo Kabupaten Malang, Selasa (27/4/2021).

Andreas menegaskan, saat ini rencana tersebut tengah dibahas dengan Bappenas. Andreas menilai, dengan melibatkan perusahaan asuransi untuk menangani bencana tersebut sangat efektif.

“Karena jika kita libatkan perusahaan asuransi kan nanti penanganan korban terdampak bencana hingga recovery kan dibiayai oleh perusahaan asuransi, pemerintah tinggal membayar ke pihak asuransi,” ungkap Andreas.

Andreas membeberkan, anggaran APBN yang ada di BNPB dinilai masih ada sedikit kendala soal pertanggungjawabannya.

Selain penanganan bencana dengan melibatkan perusahaan asuransi, lanjut Andreas, DPR juga mendorong pemerintah untuk menguatkan mitigasi bencana. Caranya, dengan memetakan daerah yang dinilai rawan bencana hingga zona aman bencana.

“Contohnya seperti di Kabupaten Malang ini. Kan wilayah nya berada di lokasi patahan-patahan ya, makanya harus di maping dulu, ini deteksi awal, tujuannya jika terjadi bencana bisa meminimalisir jumlah korban bencana,” Andreas mengakhiri. [yog/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar