Iklan Banner Sukun
Ekbis

DKPPP Kota Kediri Lakukan Pembinaan Pembenihan Ikan Koi

Kediri (beritajatim.com) – Ikan koi saat ini menjadi komoditas perikanan yang menarik dan salah satu unggulan di sektor agrobisnis yang tentunya dapat mendatangkan keuntungan dari waktu ke waktu. Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kota Kediri terus berupaya mendorong para pembudidaya ikan koi agar dapat menghasilkan ikan koi dengan kualitas yang baik. Salah satunya melakukan pembinaan pembenihan ikan koi kepada para petani koi di Kelurahan Bawang pada Rabu (16/3/2022).

Dalam acara pembinaan tersebut, DKPP Kota Kediri berkolaborasi dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Elvita Kediri dan menunjuk Agro Koi di Kelurahan Bawang sebagai pemateri sekaligus tempat pembinaan dan praktik para peserta.

“Kita memilih Agro Koi sebagai pemateri dan tempat dalam acara ini, tujuannya karena disini proses kegiatan dalam budidaya ikan koi sudah lebih maju. Diharapkan nanti para peserta bisa mengaplikasikan kegiatan pengelolaan usaha yang ada disini ke budidaya mereka,” ungkap Mohamad Ridwan, Kepala DKPP Kota Kediri, Rabu (16/3/2022).

Dijelaskan pada kegiatan tersebut, DKPP Kota Kediri menghadirkan peserta dari perwakilan kelurahan yang mempunyai kegiatan dalam budidaya ikan koi. Tujuannya agar nantinya Kota Kediri memiliki wilayah-wilayah sebagai penghasil ikan hias yang memiliki kualitas yang sangat baik.

“Jadi hari ini kita menghadirkan 10 peserta perwakilan dari kelurahan yang saat ini memiliki kegiatan budidaya ikan koi. Semoga upaya kita ini nantinya dapat menjadikan Kota Kediri sebagai salah satu penghasil ikan hias dengan kualitas tinggi,” ucap Mohamad Ridwan.

“Saya juga berharap, nantinya para peserta juga dapat membagi ilmunya yang sudah didapatkan dari sini kepada masyarakat di wilayahnya. Agar dapat menciptakan para pelaku usaha baru dibidang budidaya ikan hias,” pungkasnya.

Komoditas ikan koi selama ini memang merupakan salah satuĀ ikanĀ hias yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi, maka diperlukan proses budidaya yang baik agar menghasilkan ikan koi dengan kualitas tinggi.

Ivan So’im, Salah satu peserta dalam kegiatan tersebut mengatakan kegiatan pembinaan budidaya ikan hias ini perlu sering dilakukan. Karena menurutnya pembinaan seperti ini dapat meningkatkan kualitas dari hasil budidaya para petani ikan hias di Kota Kediri.

“Senang sekali dapat ikut serta dalam kegiatan pembinaan budidaya ikan koi ini. Karena kita tahu hal ini dapat meningkatkan kualitas hasil dari budidaya kami. Saya harap kegiatan seperti ini agar sering dilakukan oleh Pemkot Kediri,” tutur Ivan So’im, Rabu (16/3/2022).

Selain memberikan pembinaan perikanan pembenihan ikan koi, DKPP Kota Kediri juga memberikan bantuan berupa 5 kg pakan ikan koi, serokan ikan, dan ember kepada para peserta yang hadir. [nm/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar