Ekbis

DKPP Pastikan Harga dan Stok Daging Sapi di Kediri Aman

Kediri (beritajatim.com) – Terkait mogoknya sejumlah pedagang daging sapi pada 20 hingga 24 Januari 2021 di wilayah Jabodetabek (Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi) dan beberapa wilayah di Pulau Jawa akibat melonjaknya harga daging sapi yang cukup signifikan, ternyata tidak mempengaruhi harga jual daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Kediri.

Dari pantauan di sejumlah pasar tradisional, harga daging sapi dengan kualitas bagus stabil di kisaran Rp 100 ribu perkilogramnya. Para pedagang mengaku, jika menaikkan harga jual maka pembeli justru enggan untuk membeli karena saat ini tingkat daya beli masyarakat cenderung rendah. Setiap hari pedagang hanya bisa menjual 3 hingga 4 kuintal daging.

Terkait hal tersebut dibenarkan oleh Yuni ismawati, Kepala seksi Kesmavet Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri. Menurutnya, stok daging di awal tahun ini masih cukup aman, sehingga tidak terjadi kelonjakan harga apalagi sampai pedagang mogok berjualan.

“Dari data populasi sapi potong di akhir 2020 kemarin cukup stabil yakni 232.802 ekor yang terdapat di 26 kecamatan di Kabupaten Kediri. Meskipun Jumlah tersebut mengalami perubahan yang fluktuatif namun untuk kebutuhan konsumsi masyarakat masih aman,” terang Yuni Ismawati.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kediri saat ini gencar menggalakkan program SI KOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) untuk menghasilkan populasi ternak yang berkualitas.

“Dengan program SI KOMANDAN yang terus kami lakukan pemantauan dan juga pembinaan kepada peternak, diharapkan populasinya terutama untuk ternak konsumsi akan terus stabil dan tidak sampai menimbulkan kelangkaan stok yang bisa berakibat melonjaknya harga jual,” imbuh Yuni. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar