Ekbis

Djarum Fondation Bantu APD ke Rumah Sakit di Jawa Timur dan NTB

Bojonegoro (beritajatim.com) – Bakti Sosial Djarum Foundation kembali memberikan donasi berupa Alat Perlindungan Diri (APD) ke sejumlah rumah sakit guna penanganan pasien virus Corona atau Covid-19. Donasi kali ini diberikan ke RSUD Dr Sosodoro Djatikoesumo Bojonegoro dan RSUD Provinsi NTB, Senin (4/5/2020).

Setelah pada pekan lalu bantuan dikirimkan ke tiga rumah sakit yakni RS Baladhika Husada (Jember), RSUD Dr Soebandi (Jember), dan RSUD Waluyo Jati Kraksaan (Probolinggo). Masing-masing rumah sakit tersebut menerima 100 pcs Baju Coverall, sehingga total pemberian APD sebanyak 500 pcs Baju Coverall untuk wilayah Jatim dan NTB.

Program Associate Bakti Sosial Djarum Foundation, Legowo Kadri menuturkan, pemberian bantuan ini merupakan langkah nyata dari Djarum Foundation dalam upaya membantu memutus mata rantai penyebaran dan juga penanganan wabah Covid-19 di Indonesia. Diharapkan, dengan bantuan tersebut membuat para tenaga medis bisa terlindungi ketika menangani para pasien.

“Alat Perlindungan Diri (APD) merupakan kebutuhan utama bagi tenaga medis sebagai garda terdepan yang menangani pasien Covid-19. Dengan bantuan ini semoga para tenaga medis dapat bekerja optimal dalam menyembuhkan dan juga memutus rantai penyebaran virus Corona di Indonesia,” ujar Legowo.

Sementara itu, Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Rudy Djauhari menjelaskan, bantuan yang diberikan ke sejumlah rumah sakit di Jawa Timur dan NTB ini merupakan kelanjutan dari program donasi yang dijalankan Bakti Sosial Djarum Foundation dalam penanganan Covid-19.

Sebelumnya, Bakti Sosial Djarum Foundation bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kudus mendistribusikan perlengkapan APD ke sejumlah rumah sakit diantaranya RS Aisiyah, RS Sunan Kudus dan RSUD Loekmono Hadi.

Djarum Foundation juga bekerjasama dengan Ikatan Alumni Universitas Diponegoro menyerahkan bantuan ke RSUP Dr Kariadi Semarang, RS Nasional Diponegoro dan RS Elizabeth Semarang. Selain itu, bantuan juga turut diberikan ke sejumlah rumah sakit yang berada di DKI Jakarta.

Total saat ini sebanyak 2.000 Baju Coverall dan 22 ribu kelengkapan APD lainnya yang meliputi kacamata goggle, Dental Protective Face, Masker N95, Masker Bedah, Sepatu Boot, Sarung Tangan, Penutup Kepala, Vitamin C dan Virus Transportation Media (VTM) telah disumbangkan Djarum Foundation dalam masa pandemi ini.

“Yang saat ini sangat dibutuhkan adalah Baju Coverall, masker dan vitamin bagi para tenaga medis. Mereka harus menjadi prioritas. Mereka ini mempunyai tanggung jawab besar terhadap para pasien namun harus menjaga agar terhindar dari transmisi virus itu sendiri. Dokter dan perawat juga harus mendapatkan alat kesehatan yang memadai,” Rudy Djauhari menambahkan.

Secara simbolis, donasi diberikan oleh Deputy Marketing Manager – Branch Sales and Promotion Djarum Fondation Kabupaten Bojonegoro, Dhany Kristanto Soesilo yang diterima oleh Plt Kabag TU RSUD Dr Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro Agus Ichtiyanto.

Dhany Kristanto mengatakan, selain bantuan berupa APD juga ada minuman berupa Yuzu, Croissant dan Caffino. “Apa yang kami berikan ini semoga bermanfaat dan bisa membantu tenaga medis sebagai garda depan dalam penanganan Covid-19,” ujarnya.

Sementara Agus Ichtiyanto mengatakan, kondisi yang belum menentu seperti saat ini memang perlu dukungan dari semua pihak, baik dukungan fisik seperti yang dilakukan Djarum Fondation saat ini maupun mental. Karena, lanjut dia, kondisi seperti in Rumah Sakit justru dianggap sebagai titik penularan.

“Padahal dalam penanganan kami selalu berusaha untuk safety. Saat ini, kebutuhan APD cukup untuk para tenaga medis. Stok APD satu minggu sekitar 60 biji. Tapi sekarang stok masih cukup, meskipun sempat menipis,” terangnya.

Menurutnya, kebutuhan APD bagi tenaga medis merupakan hal yang mendesak mengingat jumlah penderita Covid-19 di Indonesia yang semakin bertambah setiap harinya. Untuk itu, diperlukan APD berkualitas tinggi demi menghindari kemungkinan tenaga medis yang terpapar virus ini seperti yang diberikan oleh Djarum Foundation.

“Baju Coverall dari Djarum Fondation ini sangat aman karena rapat hingga ke leher dan tidak tembus air. Selain itu bahannya sangat nyaman sehingga memudahkan kami dalam bergerak. Yang paling utama, APD ini bisa dicuci hingga 10 kali sehingga masa pakai nya bisa lebih lama,” pungkasnya. [lus/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar