Iklan Banner Sukun
Ekbis

Dorong Kebangkitan Ekonomi Rakyat

Distan Gresik Gelar Bazar UMKM Hasil Pertanian

Gresik (beritajatim.com) – Dinas Pertanian (Distan) Gresik menggelar bazar UMKM hasil olahan pertanian produk usaha mikro kecil menengah (UMKM). Bazar ini berlangsung di halaman dinas setempat mulai hari ini hingga 28 April 2022.

Kepala Distan Gresik Eko Anindhito mengatakan, kegiatan ini bisa menjadi titik awal bagi kebangkitan ekonomi kerakyatan utamanya UMKM yang memproduksi hasil pertanian. “Ada beberapa produk UMKM dari hasil pertanian yang diperjualbelikan di bazar ini termasuk produk non pangan,” katanya, Jumat (8/4/2022).

Sebelum muncul pandemi covid-19, lanjut Eko, transaksi dari bazar UMKM ini bisa tembus Rp 50 juta perhari. Namun, Ramadan kali ini dirinya berharap transaksinya bisa mendekati sebelum ada pandemi. “Mudah-mudahan transaksinya bisa segitu, apalagi harga jualnya dibawah harga pasar karena langsung dari orang pertama,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Gresik, Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani menuturkan, dirinya berupaya mendorong sektor UMKM dalam hal ini berbasis pertanian untuk membuka peluang usaha. “Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Distan dengan menggelar bazar Ramadan. Ini adalah langkah cerdas dalam rangka membuka peluang usaha bagi para UMKM pertanian,” tuturnya.

Nurul Haromaini Ali juga meninjau tiap stand yang menyuguhkan berbagai macam produk UMKM berbasis pertanian, diantaranya beras, sayuran serta buah-buahan. Selain produk pertanian juga dijual produk pendukung lainnya seperti camilan ringan, minuman, dan tanaman. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar