Ekbis

Disperindag Pamekasan Belum Pastikan Jadwal Pembelian Tembakau

Pamekasan (beritajatim.com) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan, belum memastikan jadwal pembukaan gudang tembakau sekalipun saat ini sudah memasuki musim kemarau atau musim tanam tembakau.

“Sebenarnya kami sudah mengirim surat ke pabrikan terkait persoalan ini, tapi kami belum mendapat surat balasan. Sehingga untuk memastikan hal itu, kami masih masih menunggu dari pabrikan,” kata Kepala Disperindag Pamekasan, Achmad Sjaifuddin, Rabu (4/8/2021).

Namun pihaknya mengungkapkan masa buka gudang diprediksi mulai buka pada akhir Agustus 2021 mendatang, seperti masa buka tembakau pada tahun sebelumnya. “Jika mengacu pada 2020 lalu, gudang baru buka pada akhir Agustus. Tapi sekarang masih belum,” ungkapnya.

“Atau bisa jadi untuk tahun ini agak mundur karena adanya perubahan cuaca yang menyebabkan tembakau petani rata-rata masih belum siap panen,” sambung pria yang akrab disapa Pak Sjaifuddin.

Sementara untuk rencana pembelian tembakau Madura pada tahun ini, dinilai variatif dan tergantung dari kebutuhan masing-masing pabrikan. Berdasar data Disperindag Pamekasan, renacana pembelian dimulai dari angka 200 hingga 7 ribu ton.

“Untuk rencana pembelian Gudang Garam 3.500 hingga 7 ribu ton, Sadhana Arifnusa 200 ton, Aliance One Indonesia 600 ton, Sukun 700 ton, Nojorono 700 ton, PT Wismilak 250 ton, Djarum 6.500 ton, Grendel 1.500 ton,” pungkasnya. [pin/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar