Ekbis

Disperindag Jatim Genjot Pemulihan Ekonomi

Surabaya (beritajatim.com) – Pandemi Covid-19 berimbas pada penurunan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur, dampaknya dirasakan hampir seluruh sektor perekonomian dan unit usaha termasuk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM).

Sebagai upaya pemulihan ekonomi dan promosi produk unggulan Jawa Timur, Pemprov melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jatim menggelar kegiatan ‘BBI Yes 11.12.13 Festival’.
Kegiatan yang dihelat selama 3 hari yakni pada 11 hingga 13 Desember 2020 di Atrium Mall, Grand City, Surabaya bertepatan dengan momentum Sale Akhir Tahun.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan mengatakan bahwa pelaksanaan ini bertujuan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, mendorong percepatan pemulihan ekonomi, serta mendorong peningkatan akses pasar bagi produk IKM maupun UKM.

Adanya pandemi Covid-19 serta anjuran social distancing demi menghindari penyebaran penularan virus Corona yang lebih luas, sedikit banyak turut andil menurunkan aktivitas jual-beli di tengah masyarakat sehingga para pelaku usaha tidak bisa bertemu secara langsung dengan para buyer secara offline.

“Di tengah kerinduan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) untuk bertemu secara langsung dengan para buyer maka kegiatan ini merupakan salah satu langkah strategis untuk mengobati kerinduan tersebut,” ujar Drajat ketika melakukan kunjungan ke booth-booth pelaku usaha, Sabtu (12/12/2020) di Surabaya.

Kegiatan ini dilaksakanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta diikuti oleh beberapa Asosiasi dan Komunitas yang memamerkan produk-produk unggulannya mulai dari Fashion, Aksesoris, Craft, Makanan dan Minuman (Mamin), hingga kosmetik.

Pelaksanaan kegiatan ini selain sebagai upaya pemulihan ekonomi juga sebagai ajang menarik untuk semakin meningkatkan edukasi kepada masyarakat terkait produk lokal serta meningkatkan rasa bangga terhadap produk lokal.

Menariknya, dalam kegiatan ini pembeli bisa mendapatkan Free 1 voucher vallet parking dan Free 1 voucher belanja senilai Rp. 25 ribu (Bagi pembelanjaan di Booth Galeri minimal Rp 100 untuk digunakan dalam Booth Galeri Produk Unggulan Jawa Timur untuk setiap pembelanjaan minimal Rp 50 ribu di seluruh tenant yang ada di Grand City Mall pada periode 11-13 Desember 2020.

Salah satu peserta Gelaran BBI Yes 11.12.13 Festival, Kikis Rochana Handayani yang merupakan salah satu IKM yang berasal dari Gresik dengan produk unggulannya yaitu Mie Ikan Bandeng (Hokky Noodles) mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu ajang bagi dirinya untuk memperkenalkan produknya.

“Terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur khususnya Dinas Perindag Jatim yang telah memfasilitasi kami untuk mengikuti kegiatan ini, sehingga kami bisa memperkenalkan produk kami kepada masyarakat yang lebih luas,” ujar Kikis.

Kikis memanfaatkan potensi Bandeng yang jumlahnya melimpah di Gresik sebagai bahan baku dalam membuat produk inovasi yaitu Mie Bandeng. Dikatakannya, di hari kedua khususnya pada saat momentum 12.12 jumlah pengunjung yang datang terus meningkat.

“Harapannya melalui kegiatan ini, semakin banyak masyarakat yang mengetahui ada produk inovasi kami berupa Mie Bandeng ini sehingga kedepannya ada peningkatan penjualan,” pungkasnya. [rea/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar