Ekbis

Dispari Kabupaten Mojokerto Luncurkan Toko Tani Indonesia Center

Peluncuran TTIC di Dispari Kabupaten Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Dinas Pangan dan Perikanan (Dispari) Kabupaten Mojokerto meluncurkan Toko Tani Indonesia Center (TTIC). TTIC merupakan program dari Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang direalisasikan di daerah-daerah.

“Kami di daerah mempunyai tugas membuat semacam tempat untuk menjual produk-produk pangan yang dihasilkan oleh petani-petani kita dengan harga yang lebih murah dari harga pasar pada umumnya,” ungkap Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dispari Kabupaten Mojokerto, Rofi Rosa, Selasa (8/12/2020).

Dengan membandrol harga lebih murah, TTIC direalisasi di daerah dengan tujuan untuk membantu realisasi stabilisasi harga bahan pangan pada saat harga jualnya melambung naik. Seperti saat harga cabe, telur ayam dan daging ayam naik. TTIC berperan serta untuk memberi harga terjangkau bagi masyarakat.

“Produk yang dijual di TTIC ini merupakan support dari kelompok-kelompok binaan Dispari Kabupaten Mojokerto. Seperti, Kelompok Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat, Kelompok Wanita Tangguh, Kelompok Pembudidaya Ikan dan Pengolah Bahan Baku Ikan. Dispari punya binaan, dalam wadah Kelompok Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat,” katanya.

Wadah tersebut bergerak di bidang sembako. Selain itu juga ada kami Kelompok Wanita Tangguh yang bergerak di sayur dan buah organik dan Kelompok Pembudidaya Ikan dan Pengolah Bahan Baku Ikan. TTIC juga memiliki pelayanan pengiriman barang atau delivery untuk memudahkan masyarakat yang berbelanja di TTIC dalam membawa barang yang sudah di beli sampai ke rumah.

“Kami juga menyediakan layanan mengirim, delivery. Ini untuk memudahkan masyarakat, gratis. Dengan adanya TTIC ini, peran serta dari kelompok binaan Dispari Kabupaten Mojokerto tetap ada untuk memasarkan produknya di TTIC. Ke depan, Dispari Kabupaten Mojokerto berharap bisa melakukan pengembangan dari konsep toko menjadi Pasar Mitra Tani,” ujarnya.

Pihaknya berharap, tetap ada peran serta dari binaan Dispari Kabupaten Mojokerto untuk memasarkan produknya di TTIC. Pihaknya juga bakal terus menginformasikan ke masyarkat jika Dispari Kabupaten Mojokerto memiliki toko yang menyediakan semua kebutuhan pangan. Pihaknya berharap, TTIC ke depan berkembang karena TTIC melanjutkan konsep sama dengan Pasar Mitra Tani. [tin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar