Ekbis

Disnakan Bojonegoro Pantau Harga Produk Hewan di Pasar Tradisional

Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan Melakukan Pengawasan Produk Hewan di Pasar Kota Bojonegoro.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bojonegoro melakukan pengawasan produk hewan di Pasar Kota Bojonegoro. Hasil temuan, harga komoditas peternakan (daging ayam, daging sapi, telur) di pasar kota cenderung stabil dan stok aman selama Ramadan.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakkan Disnakan Kabupaten Bojonegoro Sugiharti Sri Rahaju mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mencegah adanya potensi penyimpangan daging gelonggongan, pemalsuan daging, dan daging yang tercemar.

Selain itu, dilakukan pengawasan produk hewan dalam rangka penjaminan kepada masyarakat akan pemenuhan kebutuhan produk hewan yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal). “Hasil pantauan di lapangan tidak ditemukan potensi penyimpangan,” ujarnya, Sabtu (24/4/2021).

Sugiharti menjelaskan, stok bahan pangan asal ternak dan harga komoditas di Kabupaten Bojonegoro aman dan stabil selama bulan Ramadan 1442 Hijriah. Secara organoleptis tidak ditemukan potensi penyimpangan pada produk peternakan dan untuk selanjutnya akan dilakukan uji lab terkait residu dan cemaran mikroba.

Sementara diketahui, hasil pemantauan harga komoditas peternakan normal. Untuk daging sapi Rp 100.000 per kg hingga Rp 110.000, ayam ras/broiler Rp 38.000 per kg, ayam kampung berkisar Rp 65.000 hingga Rp 70.000, telur ayam berkisar Rp 22.000 hingga Rp Rp 23.000, dan telur puyuh Rp 26.000 per kg. [lus/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar