Ekbis

Di Hadapan Bupati, Kadin Jombang Beberkan Program Recovery Ekonomi

Jombang (beritajatim.com) – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengungkapkan bahwa pandemi Covid 19 bukan menjadi penghalang untuk maju. Bupati juga berharap agar semua pelaku usaha berinovasi, kreatif dan mengembangkan UMKM secara online dengan dibantu anak anak muda yang mumpuni dalam bidang IT (informasi teknologi).

Menurut Bupati, Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Jombang harus segera bekerja. “Melakukan kerjasama yang baik dengan semua pihak untuk memperluas akses dan jaringan kerjasama, segera direalisasikan program program yang ada,” kata Bupati Mundjidah ketika menerima auidensi dengan sejumlah perwakilan Pengurus Kadin Jombang masa bhakti 2019-2024, Selasa (12/1/2021).

Dalam kesempatan itu, Bupati Jombang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Akhmad Jazuli, Asisten III Hari Oetomo, Kepala Bappeda Budi Nugroho, Kepala Dinas PUPR Miftahul Ulum, Kepala DPMPTSP Ilham Hero Koentjoro, serta sejumlah pejabat lainnya.

Sedangkan dari Kadin ada Joko Herwanto (Ketua), Hendy Widyawan (bidang SDM), Rizki Hamdani (bid. Pangan & Agrobisnis), M. Chodri (bid. UKM & Koperasi) dan Sigit Prayogi (bid. UKM & Koperasi). Mereka diterima Bupati Mundjidah Wahab di ruang Swagata Pendopo Kabupaten Jombang.

“Audiensi ini sebagai upaya menyinergikan program stimulan UMKM sebagai langkah kongkrit upaya recovery ekonomi di masa pandemi covid-19. Ketika kami berinteraksi dengan UMKM kami coba dengarkan keluhan mereka dan kami ingin berbuat sesuatu untuk Kabupaten Jombang dalam rangka mengembangkan potensinya yang luar biasa ini,” kata Ketua Kadin Joko Herwanto dalam laporannya.

Masing masing perwakilan pengurus juga mengungkapkan program program Kadin kedepan. Salah satunya disampaikan Ketua Bidang UKM dan Koperasi Kadin Jombang Sigit Prayogi. Menurut Sigit, dalam memulihkan ekonomi di tengah pandemi, UMK didorong untuk memanfaatkan teknologi. Sehingga dalam melakukan transaksi lebih ke sistem online.

“Program stimulan yang dimaksud adalah memasukkan UKM dalam platform e-commerce www.omahresale.com. Ini sedang dalam persiapan. Lewat platform itulah kita harapkan UKM semakin bangkit dalam situasi seperti ini,” kata Yogi, panggilan akrab Sigit Prayogi.

Joko Herwanto menambahkan, Kadin juga akan melakukan langkah konkret untuk membuka akses kemudahan ekspor impor bagi para pelaku UMKM. Memang, selama ini sudah ada di antara pelaku UMKM melakukannya secara mandiri, meskipun juga ada yang difasilitasi pemkab Jombang. Kadin berharap sinergitas ini bisa beriringan baik dalam bidang perizinan, juga dengan OPD (organisasi perangkat daerah terkait).

Gayung pun bersambut, Pemkab Jombang sudah melakukan kerjasama guna mengembangkan UMKM. Semua dilakukan secara sinergi. “Baik terkait perizinan, pelayanan Dispendukcapil, bahkan kemarin kita telah mengikuti Rakernas Pembangunan Pertanian. Yakni, bagaimana mewujudkan Pertanian yang maju mandiri dan modern, kita juga sudah upayakan untuk memanfaatkan terminal Ngoro untuk menjadi sentra agribisnis hasil petani holtikultura,” pungkas Mundjidah. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar