Ekbis

Dekopinwil Jatim Diharapkan Mampu Wujudkan Digitalisasi Koperasi

Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Propinsi Jawa Timur di Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Propinsi Jawa Timur memutuskan Slamet Soetanto terpilih sebagai Ketua Umum Dekopinwil Jatim 2020-2025.

Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Pusat Sri Untari Bisowarno mengatakan setelah Jatim 34 provinsi lainnya akan segera melakukan Muswil.

“Setelah pendapat hukum Dirjen Kemenkumham hasil Munas di Makasar, yang menyebutkan saya sebagai Ketua Dekopin yang sah. Maka kami melaksanakan konsolidasi organisasi Muswil ini. Selain Jakarta dan Jawa Timur, nantinya muswil akan diselenggarakan merata di 34 provinsi,” kata Sri Untari, Minggu, (23/8/2020).

Sri Untari mengatakan sebelum akhir tahun, ditargetkan Muswil 34 provinsi terselenggara kemudian ditutup dengan Rakernas. Dari tiap Muswil tersebut, disematkan program prioritas untuk membangkitkan digitalisasi koperasi, hingga terciptanya integrasi koperasi di Indonesia.

“Mau tidak mau, kita harus mengikuti perkembangan zaman, utamanya di era digitalisasi. Karena begitulah tuntutannya jika kita ingin berkembang. Ada banyak kawula muda yang akan kita gandeng untuk memfasilitasi hal itu,” ujar Sri Untari.

Sri Untari mengajak para peserta Muswil untuk berkomitmen memajukan koperasi di Indonesia. Selain kontribusi dukungan atas penunjukan dirinya yang diajukan menjadi Ketua Dekopin Pusat saat Munas lalu. Untuk itu dia berharap dengan kepengurusan yang solid koperasi di Indonesia dapat berkembang.

“Waktu itu saya hadir sebagai peserta Munas. Tahu-tahu saya diajukan karena desakan panjenengan semua. Untuk itu, saya tak ingin sendiri memajukan koperasi di Indonesia. Saya minta komitmen anggota semua. Sebab tanpa anggota semua, saya bukan siapa-siapa,” tutur Sri Untari.

Sri Untari, mengaku dirinya tidak menyangka, peserta Munas saat itu menunjuk dirinya menjadi Ketua Dekopin, terutama dukungan penuh dari Dekopinwil Jatim, dan beberapa Dekopinwil lainnya.

“Siapa yang menyangka, saya dulunya hanya anggota SBW. Kemudian terpilih Ketua SBW pada 2006, dan saat ini berdiri sebagai Ketua Dekopin. Untuk itu, mari kita wujudkan bersama untuk membangun koperasi yang kuat. Salah satunya dimulai dari Muswil ini,” seru Untari.

Perlu diketahui, Muswil Dekopinwil Jatim mengusung 3 bakal calon (bacalon) Ketua Pengurus Dekopinwil Jatim. Di antaranya Tri Harsono (Ketua Dekopinwil Jatim periode lama), Sriadi (Dekopinda Kabupaten Bojonegoro), dan Slamet Sutanto (Dekopinda Kota Blitar). Dimana ada 69 suara dari 38 Dekopinda dan 31 koperasi di Jatim.

“Harapannya, melalui muswil ini dihasilkan Ketua dan pengurus Dekopinwil Jatim yang baru yang solid dan mampu memajukan koperasi di era digitalisasi,” tandas Sri Untari. [luc/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar