Ekbis

Daops 8 Surabaya Siapkan 4 Stasiun Untuk Rapid Test Antigen

Rapid test antigen di Stasiun Malang.

Malang(beritajatim.com) – PT KAI Daops 8 Surabaya menyiapkan 4 stasiun di wilayahnya dalam pelayanan rapid test antigen. Ke empat stasiun itu, Stasiun Malang Kota Baru, Stasiun Gubeng Surabaya, Stasiun Pasar Turi Surabaya dan Stasiun Sidoarjo.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan dalam rapid test antigen mereka bekerjasama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI). Harga yang dibandrol Rp105 ribu. Masa berlaku rapid antigen hanya 3 hari.

“Ini menjadi aturan untuk pelanggan Kereta Api jarah jauh harus menggunakan surat bebas Covid-19 berupa hasil negatif dari tes rapid antigen. Untuk jam pelayanan rapid antigen dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB,” kata Suprapto, Kamis, (24/12/2020).

Suprapto mengatakan, untuk menghindari keterlambatan kereta api. Sebaiknya penumpang melakukan rapid antigen ada H-1 jelang keberangkatan agar tidak tertinghal kereta api. Sebab, untuk satu orang dibutuhkan waktu sekira 30 menit sampai hasil rapid antigen keluar.

“Karena kalau hari H dikhawatirkan tertinggal kereta karena harus antre untuk rapid dan memakan waktu sekitar 30 menit untuk per orang. Penumpang yang sudah memiliki kode booking tiket ke customer service nanti dikasih nomor antrean, lalu yang bersangkutan bisa menuju counter rapid antigen,” papar Suprapto.

Suprapto mengatakan, rapid antigen di Daops 8 Surabaya, karena mengacu pada permintaan dari pemerintah dalam surat edaran nomor 3 tahun 2020 dari Satgas Penanganan Covid-19 nasional. Lalu di implementasikan dalam Surat Edaran menhub nomor 23 tahun 2020. “Tetapi paling penting adalah, disiplin protokol kesehatan selama perjalanan kereta api,” tandasnya. (luc/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar