Ekbis

Danamon Sulap Kampung Medayu Utara Jadi Kampung Hidroponik

Surabaya (beritajatim.com) – Petani adalah ujung tombak kelangsungan pangan. Namun sayangnya seiring dengan perkembangan penduduk lahan pertanian semakin berkurang. Sadar pentingnya bercocok tanam, Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) bekerja sama dengan Bank Danamon dan Adira Finance “menyulap” wilayah urban Surabaya, Medokan Ayu Utara menjadi kampung Hidroponik.

Warga pinggiran Kota Surabaya yang sudah padat penduduk itu diajari cara bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Sebab hidroponik merupakan sistem yang tepat untuk lahan sempit terutama di perumahan yang memang tak memiliki lahan pertanian.

Sedikitnya ada 12 lahan media hidroponik yang di kelola oleh 4 RT di RW XII Kelurahan Medokan Ayu, Rungkut ini. Tujuannya, hasil panen sayur hidroponik ini mampu menyuplai kebutuhan sayur warga, sehingga warga pun mendapatkan sayur segar tetapi dengan harga bersaing. Sedangkan warga yang menekuni hidroponik pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Tak hanya itu, demi membudayakan minat baca sejak dini, Danamon Peduli juga memberikan ribuan buku berserta fasilitas taman bacaan di Balai RW XII.

“Melalui kegiatan Peduli Lingkungan, Danamon dan Danamon Peduli ingin berkontribusi dalam mendukung konsep smart city Surabaya yakni smart people, smart living, smart government, smart economy, smart mobility dan smart environment,” kata Andri Yusfiana saat serah terima bantuan yang diterima oleh Ketua RW XII Medokan Ayu Utara, Wakidjan, Senin (30/12/2019).

“Bekerja sama dengan warga, kami melanjutkan pembangunan sistem pertanian hidroponik sayur dan buah yang sudah ada sebelumnya. Tidak hanya hardware, kami juga meningkatkan software khususnya bagi Bapak dan Ibu RW XII Medokan Ayu mengenai literasi keuangan dan cara mengelola keuangan yang baik,” jelasnya.

Tim Danamon Peduli juga melakukan pembinaan pengelolaan sampah organik menjadi kompos dan bank sampah. “Bahkan kami merenovasi balai RW XII yang semulanya masih setengah jadi menjadi Taman Baca yang sangat nyaman bagj anak-anak. Tujuannya adalah sebagai wadah meningkatkan minat baca warga, khususnya anak-anak sekolah Medokan Ayu,” tambahnya.

Sebagai salah satu mitra kerja pemerintah dalam pelaksanaan SDGs, Danamon Peduli terus aktif dalam upaya perbaikan kualitas lingkungan dan kemasyarakatan di seluruh wilayah operasional Danamon dan anak perusahaan di Indonesia.

“Peningkatan kualitas lingkungan yang baik selaras dengan pondasi Sustainable Finance, atau Keuangan yang Berkelanjutan yang saat ini sedang dibangun oleh Danamon,” lanjutnya.

Melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, Danamon Peduli bersama Danamon dan Adira Finance mengajak masyarakat yang ada di wilayah kerja untuk lebih peduli dan beraksi nyata untuk menjawab berbagai tantangan sosial di masing-masing wilayahnya. [rea/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar