Ekbis

Dampak COVID-19, Biro Perjalanan Wisata di Kediri Menjerit

Kediri (beritajatim.com) – Sejak mewabahnya virus corona atau COVID-19 di Indonesia, membuat jasa biro wisata di Kediri menjerit. Pasalnya, seluruh orderan paket wisata keseluruhannya dibatalkan oleh pengguna jasa akibat ditutupnya sejumlah tempat wisata di tanah air.

Kebijakan lockdown yang diamabil pemerintah berimbas negative terhadap biro perjalanan wisata. Seluruh jadwal wisata baik itu domestik maupun Internasional, terpaksa dicancel oleh konsumennya.

Masyarakat merasa takut jika harus keluar daerah. Beberapa kota besar yang telah menutup akses untuk wisatawan domestik antara lain, Kota Batu, Malang, Jogjakarta, Denpasar serta Semarang. Padahal beberapa kota kota tersebut salah satu tujuan menraik para wisatawan.

Usaha rental mobil dan juga carter angkutan wisata juga mengalami hal yang serupa. Pembatalan order ini dilakukan sejak 4 hari kemarin terhitung sejak indonesia ditetapkan sebagai darurat virus corona.

Tido Mahatama, salah seorang pemilik Jasa Biro Wisata mengaku, hingga saat ini sudah lebih dari 20 kali order paket wisata yang di batalkan oleh konsumennya, dengan tujuan beberapa kota di Indonesia.

“Pembatalan jadwal ini sejak pertengahan bulan maret ini hingga awal bulan april mendatang, akibatnya seluruh pelaku wisata tak dapat menghasilkan income perekonomiannya,” kata Tido, Selasa (17/3/2020).

Ditambahkannya, jika jadwal yang di cancel tersebut nantinya tidak batal dan hanya ditunda keberangkatan agar, pelaku usaha dapat menikmati hasilnya. [nm/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar